Studi perilaku struktur jembatan pejalan kaki akibat beban statis dan dinamis dari beban manusia berjalan

Alantia, Fauzi (2015) Studi perilaku struktur jembatan pejalan kaki akibat beban statis dan dinamis dari beban manusia berjalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112106043-undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112106043-undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3112106043-Presentation.pdf]
Preview
Text
3112106043-Presentation.pdf - Presentation

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of 3112106043-Paper.pdf]
Preview
Text
3112106043-Paper.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview

Abstract

Perencanaan Jembatan Pejalan Kaki di Indonesia
dengan pedoman SNI hanya memperhitungkan beban hidup
sebagai beban statis, bukan beban dinamis. Apabila beban
manusia tersebut tidak dipertimbangkan sebagai beban
dinamis maka dapat menjadi penyebab kegagalan struktur.
Karena alasan itu, Studi beban dinamis pada jembatan pejalan
kaki menggunakan British Standard (BS5400-2 2006).
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh beban
manusia bergerak pada struktur Jembatan Pejalan kaki
(Jembatan Gantung). Dalam studi ini dilakukan pemilihan
model beban akibat manusia bergerak dari literature yang ada
(Ellis, 2004). Dalam penelitian ini model beban manusia
adalah beban manusia individu dan berkelompok. Dengan
menggunakan software SAP2000, pembebanan ini akan
dihitung secara dinamis, sehingga akibat beban manusia
sebagai beban dinamis akan menghasilkan getaran vertikal dan
horizontal pada struktur.
Untuk mode pertama dari struktur Jembatan pejalan
kaki didominasi oleh arah horizontal dengan frekuensi alami
1.73 Hz, yang mana telah memenuhi ketentuan British
Standard (BS5400-2 2006) serta dari hasil analisa diketahui
pula bahwa tidak terjadi resonansi pada struktur jembatan
akibat beban manusia berjalan. Lendutan maksimum pada
Jembatan akibat manusia berjalan secara individual adalah
sebesar -3,4 mm (waktu tempuh 22 s), lendutan maksimum
pada Jembatan akibat manusia berjalan secara berkelompok
adalah sebesar -35,7 mm (waktu tempuh 34 s), sedangkan
lendutan maksimum pada Jembatan akibat beban hidup merata
sebesar 500 kg/m2 adalah -103. Ketiga nilai ini lebih rendah
daripada nilai ijin lendutan pada jembatan yaitu sebesar 120
mm. Lendutan jembatan gantung akibat beban statis tersebut
lebih besar daripada lendutan akibat beban dinamis. ========== Footbridge design in Indonesia with SNI guidelines
only considers a live load as a static load, but not a dynamic
load. The kind of loads is not considered as dynamic loads that
could be the cause of structural failure. Because of the reason,
to study the dynamic load on footbridge uses British Standard
(BS5400-2 2006).
This study aimed to investigate the effect of humaninduced
dynamic loads on footbridge (Suspension Bridge). The
model of the dynamic loads was found from the existing
literature (Ellis, 2004). In this study the human loads were
modelled as individual and group walking loads. These loads
were calculated as a dynamic-load thus the responses on
structures would be as vertical and horizontal vibrations, by
using SAP2000.
The first mode of footbridge was dominated by
horizontal direction with the natural frequency of 1,76 Hz
which was less than the allowance of 1,5 Hz (BS5400-2 2006).
The result of analysis also found that there was no resonance
on footbridge due to human dynamic loads. The maximum
displacement due to individual human walking loads on
the footbridge of -3.4 mm (travel time = 22 s) and the maximum
displacement due to human group walking loads on the
footbridge of -35.7 mm (travel time = 34 s), while the maximum
displacement due to distibuted live loads (500 kg/m2) of -103.95
mm, which occurs in the middle of the bridge span. Three
values above displacement were lower than the allowance value
of 120 mm. The displacement subjected to static loads was
bigger than the displacement subjected to dynamic loads.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Ala s
Uncontrolled Keywords: Jembatan pejalan kaki; beban dinamis; manusia berjalan; jembatan gantung, Footbridge, Dynamic Load, Human Moving Load, Suspension Bridge
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:31
Last Modified: 16 Apr 2019 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62774

Actions (login required)

View Item View Item