Penerapan Metode C-Means dan Fuzzy C-Means pada Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pembangunan Ekonomi

Haryono, Cendiana Aprilia (2016) Penerapan Metode C-Means dan Fuzzy C-Means pada Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pembangunan Ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1312100123-Undergradute Thesis.pdf] Text
1312100123-Undergradute Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses saat
pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya yang
ada. Terdapat perbedaan yang sangat jauh antara nilai dari
variabel-variabel pembangunan ekonomi. Dimana nilai
jangkauan beberapa variabel indikator pembangunan ekonomi
kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur cukup besar, sehingga
kecenderungan ketimpangan di Provinsi Jawa Timur masih cukup
tinggi. Dengan kondisi seperti ini dapat dilakukan analisis
pengelompokkan kabupaten/kota di Jawa Timur guna untuk
mengelompokkan wilayah yang memiliki kesamaan karakteristik.
Metode yang digunakan dalam pengelompokkan tersebut dengan
menggunakan metode c-means dan fuzzy c-means. Dari hasil
pengelompokkan yang dapatkan kemudian dilakukan analisis
perbandingan hasil pengelompokkan metode c-means dan fuzzy
c-means berdasarkan nilai icdrate. Hasil yang didapatkan
menunjukkan bahwa metode c-means merupakan metode terbaik
dalam mengelompokkan wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Har p
Uncontrolled Keywords: c-means, fuzzy c-means, icdrate, pembangunan ekonomi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:17
Last Modified: 04 Sep 2025 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62779

Actions (login required)

View Item View Item