Penentuan prioritas pemeliharaan pada jalan tol Jakarta Cikampek berdasarkan tingkat kerusakan dan segi ekonomi

Inayah, Iis (2015) Penentuan prioritas pemeliharaan pada jalan tol Jakarta Cikampek berdasarkan tingkat kerusakan dan segi ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112106045-Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3112106045-Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of 3112106045-presentation.pdf] Text
3112106045-presentation.pdf - Presentation

Download (0B)
[thumbnail of 3112106045-paper.pdf]
Preview
Text
3112106045-paper.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview

Abstract

Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan prasarana transportasi
yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di
Indonesia. Namun sebagai prasarana yang penting jalan tol memiliki
kinerja yang kurang optimal karena adanya kerusakan jalan. Volume
dan jenis kerusakan yang terjadi pada setiap sub ruasnya berbeda-beda.
Sehingga dalam studi ini dilakukan penentuan prioritas pemeliharaan
jalan pada Ruas Jalan Tol Jakarta- Cikampek. Untuk mengevaluasi
tingkat kerusakan jalan metode yang digunakan adalah metode
Pavement Condition Index (PCI) dan segi ekonomi dievaluasi dengan
Benefit Cost Ratio (BCR) dan Net Present Value (NPV) serta dengan
mempertimbangan jumlah Lalu Lintas Harian Rata-rata Tahunan
(LHRT).Dari hasil analisa dan pembahasan dapat diketahui bahwa nilai
PCI per sub ruas berkisar antara 40,5-100 dengan kualifikasi kondisi
perkerasan mulai dari buruk sampai sempurna. Nilai BCR berkisar
antara 0,00-3,99 dan nilai NPV berkisar dari –Rp.30.757.590.370
sampai Rp.23.286.032.905. LHRT antara 16.000- 80.000. Setelah
diketahui nilai dari setiap kriteria diberikan score dan bobot. Dari
hasil analisa dan pembahasan bahwa Sub Ruas Cikarang Timur-
Karawang Barat arah Cikampek menuju Jakarta (B) perlu mendapatkan
pemeliharaan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.76 Ina p
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Tingkat Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present value (NPV)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:29
Last Modified: 23 Apr 2019 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62797

Actions (login required)

View Item View Item