PEMODELAN PERSENTASE PENDUDUK MISKIN DITINJAU DARI PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN SOSIAL DI JAWA TIMUR DENGAN METODE REGRESI PANEL

KULTSUM, UMI (2016) PEMODELAN PERSENTASE PENDUDUK MISKIN DITINJAU DARI PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN SOSIAL DI JAWA TIMUR DENGAN METODE REGRESI PANEL. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1313030038 - Abstract.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text
1313030038 - Conclusion.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text
1313030038 - Non_Degree.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhannya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan lingkungannya. Mengingat dari sisi jumlah, kemiskinan di Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa terutama di tiga provinsi dengan jumlah penduduk yang besar, salah satunya adalah Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menentukan persamaan model dari faktor-faktor yang mempengaruhi persentase penduduk miskin kabupaten/kota di Jawa Timur dengan menggunakan regresi data panel. Sehingga diharapkan regresi panel untuk data kemiskinan ini dapat menghasilkan informasi lebih mendalam dan menyeluruh, baik keterkaitan antar variabelnya maupun per-kembangannya dalam periode waktu tertentu. Data yang digunakan adalah data persentase penduduk miskin kabupaten/kota di Jawa Timur dan faktor-faktor yang diduga berpengaruh mulai tahun 2005 sampai tahun 2014. Hasil yang didapat adalah persentase penduduk miskin di Jawa Timur mulai tahun 2005 sampai tahun 2014 relatif mengalami penurunan, namun kenaikan persentase penduduk miskin terjadi hanya pada tahun 2006. Untuk hasil regresi panel disimpulkan bahwa model terbaik yang terpilih adalah model FEM cross section weight dengan nilai R2 yang tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.536 Kul p
Uncontrolled Keywords: Fixed Effect Model, Kemiskinan, Regresi Data Panel.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: UMI KULTSUM
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:22
Last Modified: 27 Dec 2018 02:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item