Hazubi, Shara (2015) Perencanaan Geometrik Jalan Rel Socah – Sampang. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3111100092-Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pemerintah dalam Rencana Induk Perkeretaapian
Nasional (RIPNas) berupaya untuk mengembangkan moda
transportasi kereta api. Transportasi kereta api ini diharapkan
menjadi penggerak utama dalam perekonomian nasional.
Ditargetkan pada tahun 2030, jaringan rel di Indonesia tersebar
di seluruh pulau besar di Indonesia. Salah satu pulau yang
ditargetkan memiliki jaringan rel yaitu Pulau Madura. Salah satu
jalur yang akan beroperasi nantinya di Pulau Madura adalah
jalur Socah – Sampang. Jalur ini memiliki potensi yang tinggi,
karena nantinya akan beroperasi pelabuhan peti kemas
internasional di Socah.
Metode yang digunakan dalam menyelesaikan
permasalahan adalah mengumpulkan data sekunder, menentukan
rute terbaik dari beberapa alternatif rute, membuat gambar
geometrik dari rute yang terpilih dan membuat rancana
anggaran biaya (RAB).
Dalam tugas akhir ini, direncanakan jalan rel dengan
panjang sekitar 67 km dengan lima stasiun kereta api. Jalur
yang digunakan merupakan jalur ganda (double track) dengan
kecepatan rencana 120 km/jam dan jari-jari minimum sebesar
780 m. Total biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan jalan
rel ini sebesar Rp 1.081.898.010.000,-.
======================================================================================================
Government in the regulation of “Rencana Induk
Perkeretaapian Nasional (RIPNas)” trying to develop mods rail
transport. This mods of transportation is expected to be main
driving force in the national economy. Targeted by 2030,
Indonesia’s rail network spread across the big island in
Indonesia..One of the island’s rail network has targeted the
island of Madura. One of the lines that will be in operation later
in Madura is Socah – Sampang. This line has a high potensial,
because later will operate Internasional port in Socah.
The methods used in solving the problem is collecting the
secondary data, determining the best route of some alternative
routes, creating geometric of the selected routes and create the
cost budget plan.
In this final project, the planning of new railway lines is
about 67 km with five train stations. Track which is used is
double track with planned speed of 120 km/h and minimum radius
as big as 780 m. Total budget needed in the construction of the
new railway line is Rp 1.081.898.010.000,-.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.1 Haz p |
Uncontrolled Keywords: | Trase Jalan Rel, RIPNas, Jalan Rel Socah - Sampang |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 05:35 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 05:35 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/62804 |
Actions (login required)
View Item |