Perencanaan Pengendalian Kualitas Statistik Pada Produk Kertas Jenis Prima 56-60 Di PT. Adiprima Suraprinta, Gresik

Sari, Nur Cendana (2016) Perencanaan Pengendalian Kualitas Statistik Pada Produk Kertas Jenis Prima 56-60 Di PT. Adiprima Suraprinta, Gresik. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1313030026-Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Persaingan industri kertas sangat ketat dan konsumen sudah pandai dalam memilih produk kertas yang berkualitas membuat perusahaan mementingkan kualitas dalam hasil produksinya agar tetap bisa menjaga konsistensi kualitasnya demi menjadi perusahaan terdepan. PT. Adiprima Suraprinta merupakan salah satu perusahaan industri kertas yang banyak memproduksi jenis Prima 56-60 yang digunakan sebagai kertas koran Jawa Pos. Tahap awal produksi kertas yaitu pengahancuran bahan baku menjadi buburan kertas dengan bantuan bahan-bahan kimia. Tahap ini merupakan tahap yang paling penting dalam produksi kertas. Proses ini dilakukan di mesin hidro pulper. Pada proses ini dilakukan pengecekan meliputi PH, Consistency dan Brightness. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung pada tanggal 6 April hingga 16 April 2016. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa proses produksi kertas Prima 56-60 tidak terkendali statistik. Karakteristik yang paling berkontribusi menyebabkan proses tidak terkendali yaitu brightness. Faktor yang menyebabkan proses produksi kertas Prima 56-60 tidak terkendali yaitu karena proses manufaktur di hidro pulper yang tidak baik. Hal ini berarti proses manufaktunya harus terlebih dahulu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.86 Sar p
Uncontrolled Keywords: Buburan Kertas, Grafik Kendali Generalized Variance, Grafik Kendali T2 Hotelling, Komponen Variansi, Rancangan Bersarang Dua Faktor.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:35
Last Modified: 23 Apr 2019 06:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62810

Actions (login required)

View Item View Item