Pola Penyebaran dan Pemetaan Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Surabaya menggunakan Spatial Pattern Analysis dan Flexibly Shaped Spatial Scan Statistic

Nanda, Eka Putri R. (2016) Pola Penyebaran dan Pemetaan Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Surabaya menggunakan Spatial Pattern Analysis dan Flexibly Shaped Spatial Scan Statistic. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1313030028-Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Demam berdarah dengue (DBD) masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Menurut Dinas Kesehatan Jawa Timur, Surabaya menempati urutan pertama sebagai kota dengan penemuan jumlah kasus DBD terbanyak di Jawa Timur pada tahun 2012. Penelitian ini dilakukan analisis pola penyebaran kejadian penyakit DBD di Kota Surabaya tahun 2010 – 2014, pengujian dependensi spasial dengan spatial pattern analysis, serta dilakukan pendeteksian kantong DBD dan peta kerawanan dengan local indicator of spatial autocorrelation (LISA) dan flexibly shaped spatial scan statistic. Hasil penelitian ini yaitu terdapat fluktuasi kasus DBD selama 5 tahun terakhir. Tahun 2010, 2011, 2013, dan 2014, Surabaya memiliki pola penyebaran kasus DBD yang mengelompok serta tahun 2014 memiliki autokorelasi spasial negatif. Peta yang menunjukkan kecamatan rawan dengan pendekatan LISA menunjukkan bahwa daerah yang dikategorikan rawan adalah Kecamatan Sawahan, Asemrowo, Tandes, dan Bulak, sedangkan dengan pendekatan flexibly shaped spatial scan statistic menunjukkan bahwa daerah yang dikategorikan rawan adalah Kecamatan Pakal, Benowo, Tandes, Sambikerep, Bubutan, Sawahan, Lakarsantri, Wiyung, Dukuhpakis, Karangpilang, Jambangan, dan Gayungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.537 Nan p
Uncontrolled Keywords: DBD, Flexibly Shaped Spatial Scan Statistic, Spatial Pattern Analysis
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.6 Spatial analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:08
Last Modified: 23 Apr 2019 07:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62812

Actions (login required)

View Item View Item