Analisis pengaruh lead time terhadap demand, Harga, dan pendapatan perusahaan pada dual channel supply chain (studi kasus: Colorville Bag)

Fitriana, Dimmy Aprita (2015) Analisis pengaruh lead time terhadap demand, Harga, dan pendapatan perusahaan pada dual channel supply chain (studi kasus: Colorville Bag). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of undergraduated thesis.pdf]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan oleh para
wirausahawan untuk memaksimalkan profitabilitas. Perkembangan teknologi tidak
jauh dengan keberadaan internet. Adanya internet tersebut dimanfaatkan untuk
memasarkan produk yang dijual oleh perusahaan. Perusahaan pada akhirnya
memilih memasarkan produknya melalui dua cara yaitu online channel dan offline
channel atau biasa dikenal dengan sebutan dual channel supply chain. Dual channel
supply chain memberikan tambahan variansi channel untuk para konsumen dalam
membeli produk. Tentunya, ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh
masing-masing channel penjualan. Pada umumnya, apabila konsumen membeli
produk melalui online channel maka konsumen harus rela menunggu produk
tersebut datang karena adanya delivery lead time pada produk. Pada tugas akhir ini
dilakukan penelitian seberapa jauh faktor lead time tersebut dapat mempengaruhi
penentuan harga, demand, serta pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan.
Penelitian ini menggunakan model permasalahan quadratic programming
yang akan diselesaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor lead time
dapat mempengaruhi penentuan harga pada masing-masing channel. Harga yang
ditawarkan pada online channel cenderung lebih murah daripada offline channel
dikarenakan pada online channel konsumen tidak dapat melakukan physical
inspection. Dengan adanya perbedaan harga tersebut maka jumlah demand juga
akan berpengaruh. Adanya perbedaan harga dan jumlah demand tersebut maka
profitabilitas yang diperoleh oleh perusahaan juga akan berpengaruh.

==========================================================================================================

Increasingly technological developments used by entrepreneurs to
maximize profitability. The development of technology is about internet. Internet
is used to market the product. The company market their product through two ways
such as online channel and offline channel or called dual channel supply chain. Dual
channel supply chain provide additional variance of channel to the customer. Of
course, there are advantages and disadvantages in each channel. In general, if
customer buy the product in online channel, then they must wait that product to
come because of delivery lead time. Thus, this research is developed, aims to
understand how much lead time can influence on pricing strategy, demand, and
revenue in the company.
This research uses quadratic programming model to solve the problem. The
result shows that lead time can influence on pricing strategy in each channel. The
price in online channel is cheaper than in offline channel because the customers
can’t do physical inspection. Because of that difference in price it will affect to the
demand of the customers. The difference in prices and the amount of demand will
also affect to the profitability in the company.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.7 Fit a
Uncontrolled Keywords: Dual-channel supply-chain, Lead time, quadratic programming, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB846.2 Cost benefit analysis
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:26
Last Modified: 25 Apr 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62853

Actions (login required)

View Item View Item