Perencanaan oprit, timbunan , dan pondasi jembatan baru di Sungai Wulan, Jepara

Manudianto, Dedy and Guntur, Muhammad Reza Pahley (2015) Perencanaan oprit, timbunan , dan pondasi jembatan baru di Sungai Wulan, Jepara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111100001-3111100080_undergraduated thesis.pdf]
Preview
Text
3111100001-3111100080_undergraduated thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya “Level of Service” pada ruas jalan
Trengguli-Wedelan, Jawa Tengah menjadikan perlunya
dilakukan pembangunan jalan baru pesisir pantai, yang salah
satunya melewati Kabupaten Jepara. Trase rencana tersebut
berpotongan dengan Sungai Wulan yang memiliki lebar 100
meter. Maka dari itu dibutuhkan perencanaan timbunan jalan,
oprit trapesium, oprit tegak, dan pondasi jembatan di kedua
sisinya.
Dalam perencanaan ini tanah asli membutuhkan waktu
ratusan tahun untuk selesai konsolidasi hingga 90%. Maka dari
itu, dibutuhkan bantuan vertical drain berupa PVD untuk
mempercepat waktu konsolidasi. Alternatif yang digunakan untuk
timbunan jalan adalah geotextile dan micropile. Alternatif yang
digunakan untuk oprit tegak adalah geotextile wall dan gravity
wall. Dari masing-masing alternatif tersebut dihitung biaya
material yang paling sedikit, dan kemudian disimpulkan menjadi
alternatif perkuatan yang dipakai. Pondasi jembatan dan pilar
harus direncanakan mampu berduri melawan gaya-gaya luar
yang bekerja. Diameter tiang pancang yang dihitung antara lain
diameter 40 cm,50 cm, 60 cm, dan 80 cm. Dari masing-masing
diameter tersebut dihitung biaya material yang paling sedikit, dan kemudian disimpilkan menjadi alternatif perkuatan yang
dipakai. Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa pada timbunan
jalan dan oprit trapesium, alternatif perkuatan yang digunakan
adalah geotextile. Sedangkan pada timbunan tegak, alternatif
perkuatan yang digunakan adalah geotextile wall. Sedangkan
diameter tiang pancang yang digunakan untuk kedua sisi
abutment dan pilar adalah bervariasi, dengan jumlah dan
kedalaman tertentu.

========================================================================================================

The increase of the Level of Service on the access road
Trengguli-Wedelan, Central Java, causing the need of new
coastal road, which one is passes through the district of Jepara.
The plan of the road intersects by River Wulan which has a 100
meters width. So the plan takes on road embankment, trapezoid
approach, endlong approach, and the bridge foundations design
on both sides.
In this calculation design, the native soil takes hundreds of
years to complete the consolidation up to 90%. Therefore, it
needs the help of vertical drain in the form of PVD to accelerate
the consolidation matter. Alternatives that applied for road
embankment are geotextile and micropile. Alternatives that
applied oprit are geotextile wall and gravity wall. Each of these
alternatives calculated due the lowest material costs, and then
concluted to be the used alternative reinforcement. The bridge
foundation and pillars must be planned capable to resist the
outside forces. The diameter of piles that diameter calculated
were of 40 cm, 50 cm, 60 cm, and 80 cm. Each of these diameter
calculated due the lowest material costs, and then concluted to be
the used alternative reinforcement. From the calculation results it concluded that the road
embankment and trapezoid approach, the reinforcement
alternative that used is geotextile. While on the endlong
approach, the alternative reinforcement that used was geotextile
wall. While the diameter piles are used for both sides of the
abutments and pillars are variety with a certain quantity and
depth.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.254 Man p
Uncontrolled Keywords: Sungai Wulan; timbunan jalan; oprit trapesium; oprit tegak; PVD; geotextile; micropile; geotextile wall; gravity wall; pondasi jembatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 02 May 2019 05:35
Last Modified: 02 May 2019 05:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62902

Actions (login required)

View Item View Item