Studi aerodinamika shifted downstream winglet untuk wing airfoil eppler 562 pada unmanned aerial vehicle

Putro, Setyo Hariyadi Suranto (2019) Studi aerodinamika shifted downstream winglet untuk wing airfoil eppler 562 pada unmanned aerial vehicle. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111560012001-Dissertation.pdf] Text
02111560012001-Dissertation.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Winglet adalah salah satu kelengkapan pada sayap pesawat yang memungkinkan
penambahan performansi sayap tanpa harus memperpanjang wingspan (bentangan sayap
pesawat). Winglet berfungsi untuk meredam pusaran aliran (vortex) pada bagian ujung sayap
yang disebabkan pertemuan aliran udara dari bagian bawah sayap yang bertekanan tinggi
dengan aliran udara bagian atas sayap yang bertekanan rendah yang menyebabkan terjadinya
tip dan trailing vortex. Pusaran udara ini juga menyebabkan pesawat membutuhkan energi
yang lebih besar untuk keperluan daya angkat yang sama sehingga akan boros bahan bakar.
Penelitian ini dilakukan dengan simulasi numerik dan eksperimen. Simulasi numerik
menggunakan perangkat lunak Ansys 17.2 dengan model turbulen k-ω SST. Kecepatan aliran
freestream yang akan digunakan sebesar 10 m/s (Re = 2,3 x 104) dengan sudut serang (α) =
0o, 2o, 4o, 6o, 8o, 10o,12o,15o, 16o,17o,19o dan 20o. Model benda uji berupa airfoil Eppler 562
(E562) dengan dan tanpa winglet.
Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa penggunaan wingtip fence/shifted
downstream winglet akan meningkatkan performa aerodinamika dari sayap yaitu dengan
meningkatnya CL/CD dan penundaan stall. Penggunaan wingtip fence juga mengurangi
terjadinya induced drag dengan berkurangnya vorticity magnitude di belakang trailing edge.
Penambahan luasan permukaan (wingtip fence) menyebabkan adanya penambahan efek
viskos sehingga terjadinya disipasi semakin besar. Hal ini terjadi pada forward wingtip fence
cant angle 90o. Sedangkan pada rearward wingtip fence cant angle 90o, lompatan aliran
fluida dari lower surface menuju upper surface menyebabkan adanya peningkatan energi
kinetik turbulen dengan adanya interaksi antara tip vortex dengan main stream. Peningkatan
energi kinetik turbulen ini diimbangi dengan peningkatan disipasi energi kinetik turbulen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: airfoil, winglet, E562, gaya lift, dan gaya drag
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic.
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 03 May 2019 02:42
Last Modified: 03 May 2019 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62913

Actions (login required)

View Item View Item