Priambada, Bestama Abhi (2015) Implementasi Smart Terrain Pada Aplikasi Augmented Reality Untuk Membentuk Lingkungan 3d. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5111100146-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berada pada masa yang
sangat cepat. Banyak teknologi-teknologi baru bermunculan
sehingga kehidupan tidak bisa terlepas dari teknologi. Realitas
augmentasi merupakan jenis teknologi baru yang mulai mengisi
kehidupan sehari-hari. Melalui teknologi ini sesuatu yang tidak
nyata dapat terlihat menjadi hal yang nyata hanya dalah
genggaman kamera.
Melalui realitas augmentasi ini, dapat digunakan sebuah
teknologi yang masih terbilang baru namun sangat menarik untuk
digunakan, yaitu Smart Terrain. Dengan menggunakan Smart
Terrain, sebuah realitas augmentasi dapat dibangun dengan
dinamis dan sesuai kehendak penggunanya. Interaksi juga dapat
dilakukan pada Smart Terrain ini, sehingga realitas augmentasi
bisa menjadi sangat interaktif dan dinamis. Hal itu lah yang
menjadi dasar pemikiran penulis untuk menggunakan Smart
Terrain pada pembangunan tugas akhir ini. Tujuannya adalah
untuk membentuk sebuah lingkungan 3D, diharapkan juga
pengembangan selanjutnya dapat menjadi sebuah permainan
yang tentu sangat menarik untuk dimainkan.
Hasil uji coba memperlihatkan bahwa aplikasi telah dapat
membangun lingkungan 3D yang peletakan objeknya sesuai
dengan keinginan pengguna. Sebuah skenario sederhana yang
viii
melibatkan interaksi pengguna juga telah dapat dijalankan
dengan baik.
=====================================================================================================
Nowadays, the development of technology becoming rapidly
fast. Lots of new technology become available so our live
depending so much on it. Augmented reality is one of a new kind
of technology which is filling our daily live. With this kind of
technology something unreal will become real in our eyes with
only a camera.
Through this augmented reality, an interesting new
technology can be use, that is Smart Terrain. With using Smart
Terrain, an augmented reality can be build dynamically and with
the will of the user. The interaction also can be done with this
Smart Terrain, so that an augmented reality can be something
interactive and dynamic. Based on that advantages, writer has an
idea to use Smart Terrain for development of this final project.
The purpose is to build a 3D environment. And for the next
development, the writer hope that this technology could be use in
a game, it will be so much interesting to play for.
The result of the test shown that the application can build a
3D environment which the placement of the object depend on the
user. A simple scenario that uses user interaction also can be
done and run perfectly.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSIf 006.6 Pri i |
Uncontrolled Keywords: | 3D, interaksi, kamera, lingkungan, realitas augmentasi, Smart Terrain, teknologi, Unity, Vuforia |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems) |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 13 May 2019 04:14 |
Last Modified: | 13 May 2019 04:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63012 |
Actions (login required)
View Item |