Implementasi Smart Terrain Pada Aplikasi Augmented Reality Untuk Membentuk Lingkungan 3d

Priambada, Bestama Abhi (2015) Implementasi Smart Terrain Pada Aplikasi Augmented Reality Untuk Membentuk Lingkungan 3d. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
5111100146-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berada pada masa yang sangat cepat. Banyak teknologi-teknologi baru bermunculan sehingga kehidupan tidak bisa terlepas dari teknologi. Realitas augmentasi merupakan jenis teknologi baru yang mulai mengisi kehidupan sehari-hari. Melalui teknologi ini sesuatu yang tidak nyata dapat terlihat menjadi hal yang nyata hanya dalah genggaman kamera. Melalui realitas augmentasi ini, dapat digunakan sebuah teknologi yang masih terbilang baru namun sangat menarik untuk digunakan, yaitu Smart Terrain. Dengan menggunakan Smart Terrain, sebuah realitas augmentasi dapat dibangun dengan dinamis dan sesuai kehendak penggunanya. Interaksi juga dapat dilakukan pada Smart Terrain ini, sehingga realitas augmentasi bisa menjadi sangat interaktif dan dinamis. Hal itu lah yang menjadi dasar pemikiran penulis untuk menggunakan Smart Terrain pada pembangunan tugas akhir ini. Tujuannya adalah untuk membentuk sebuah lingkungan 3D, diharapkan juga pengembangan selanjutnya dapat menjadi sebuah permainan yang tentu sangat menarik untuk dimainkan. Hasil uji coba memperlihatkan bahwa aplikasi telah dapat membangun lingkungan 3D yang peletakan objeknya sesuai dengan keinginan pengguna. Sebuah skenario sederhana yang viii melibatkan interaksi pengguna juga telah dapat dijalankan dengan baik. ===================================================================================================== Nowadays, the development of technology becoming rapidly fast. Lots of new technology become available so our live depending so much on it. Augmented reality is one of a new kind of technology which is filling our daily live. With this kind of technology something unreal will become real in our eyes with only a camera. Through this augmented reality, an interesting new technology can be use, that is Smart Terrain. With using Smart Terrain, an augmented reality can be build dynamically and with the will of the user. The interaction also can be done with this Smart Terrain, so that an augmented reality can be something interactive and dynamic. Based on that advantages, writer has an idea to use Smart Terrain for development of this final project. The purpose is to build a 3D environment. And for the next development, the writer hope that this technology could be use in a game, it will be so much interesting to play for. The result of the test shown that the application can build a 3D environment which the placement of the object depend on the user. A simple scenario that uses user interaction also can be done and run perfectly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.6 Pri i
Uncontrolled Keywords: 3D, interaksi, kamera, lingkungan, realitas augmentasi, Smart Terrain, teknologi, Unity, Vuforia
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 13 May 2019 04:14
Last Modified: 13 May 2019 04:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63012

Actions (login required)

View Item View Item