Analisa Kinerja Traksi Kendaraan GEA Konvensional Dan Hybrid

Yuwono, Teguh (2014) Analisa Kinerja Traksi Kendaraan GEA Konvensional Dan Hybrid. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111106037-paper.pdf]
Preview
Text
2111106037-paper.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of 2111106037-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2111106037-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2111106037-presentation.pdf]
Preview
Text
2111106037-presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap kendaraan yang akan digunakan di jalan raya harus memenuhi kriteria kendaraan laik jalan. Salah satu kriteria yang digunakan adalah kendaraan harus mampu dilajukan pada driving cycle standard. Driving cycle standard adalah suatu pola mengemudi standard yang menggambarkan perilaku berkemudi di jalan raya. Kendaraan GEA adalah kendaraan produksi PT. INKA yang berdaya 650 cc dengan sistem transmisi 4 percepatan. Daya mesin ini tergolong kecil untuk melajukan kendaraan melewati driving cycle standard. Maka diperlukan sebuah pengembangan teknologi agar kendaraan GEA ini mampu memenuhi kriteria driving cycle standard. Teknologi hybrid diharapkan dapat menambah daya penggerak pada kendaraan GEA sehingga mampu membantu kendaraan GEA untuk memenuhi kriteria driving cycle standard. Penelitian dilakukan dengan cara memodelkan dinamika kendaraan melaju pada sebuah driving cycle standard kemudian menyelesaikan pemodelan tersebut secara numerik. Kemudian hasil yang didapat dari pemodelan digunakan untuk merancang besar daya motor listrik yang akan diaplikasikan pada kendaraan GEA sebagai power boosting. Kemudian membuat pemodelan dinamika kendaraan GEA yang telah diaplikasikan sistem electric motor hybrid dan menyelesaikan pemodelan tersebut secara numerik. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kebutuhan maksimum daya penggerak dari kendaraan yang melaju pada driving cycle NEDC tipe urban adalah 17,5 kW pada 3296 rpm. Kebutuhan maksimum torque penggerak dari kendaraan yang melaju pada driving cycle NEDC tipe urban adalah 51 Nm pada 2850 rpm. Daya penggerak maksimum yang dihasilkan oleh enginepada kendaraan GEA konvesional adalah sebesar 16,5 kW yang terjadi pada putaran 3296 rpm. Torque penggerak maksimum yang dihasilkan oleh engine pada kendaraan GEA konvensional adalah sebesar 48 Nm yang terjadi pada putaran 2850 rpm. Daya motor untuk kendaraan GEA hybrid adalah sebesar 2 kW. Daya penggerak maksimum yang dihasilkan oleh engine pada kendaraan GEA hybrid adalah sebesar 18,2 kW yang terjadi pada putaran 3296 rpm. Torque penggerak maksimum yang dihasilkan oleh engine pada kendaraan GEA hybrid adalah sebesar 70,87 Nm yang terjadi pada putaran 2850 rpm. ========== Each vehicle that to be used on the road must meet the criteria of roadworthy vehicles. One of the criteria used is the vehicle should be able to drive on a standard driving cycle. Standard driving cycle is a standard that describes the pattern of driving behavior on the road. GEA vehicle is a vehicle produced by PT. INKA powered with 650cc 4 strokes engine with 4 speeds transmission. The power of engine is small to be used the vehicle drove past the standard driving cycle. It would need technology development for GEA vehicle to be able to meet the criteria of standard driving cycle. Hybrid technology is expected to increase the driving force of the vehicle so as to assist GEA vehicle to meet the criteria of standard driving cycle. This research is done by modeling the dynamics of GEA vehicle drove on a standard driving cycle then solved it by numerical method. Then the results obtained from the modeling used to design the power of electric motor that will be applied on the GEA vehicle as a power boosting. Then make a modeling of hybrid electric vehicle of GEA using the electric motor was obtained and solved it by numerical method. The results obtained from this research are the maximum driving forces that needed to drove the GEA vehicle on NEDC urban is 17,5 kW at 3296 rpm with the maximum drive torque is 51 Nm at 2850 rpm. The maximum driving force generated from conventional GEA is 16,5 kW at 3296 rpm with the maximum drive torque is 48 Nm occurs at 2850 rpm. The power of electric motor needed to be applied on the GEA vehicle as a power boosting is 2 kW. The maximum driving force generated from hybrid electric GEA is 18.2 kW at 3296 rpm with maximum drive torque is 70.87 Nm occurs at 2850 rpm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Yuw a
Uncontrolled Keywords: Driving cycle standard, Kendaraan GEA, HybridParalel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ700 Traction engines, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:47
Last Modified: 25 Jun 2019 08:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63109

Actions (login required)

View Item View Item