Studi Eksperimen Karakteristik Suspensi Dan Energi Bangkitan Hydroilic Electro Mechanic Shock Absorner Double Port Dengan Rasio Diameter Silinder Hidrolik 40 MM : 40 MM Menggunakan Beban Akumulator

Putranto, Rendra Pramana Wahyu (2014) Studi Eksperimen Karakteristik Suspensi Dan Energi Bangkitan Hydroilic Electro Mechanic Shock Absorner Double Port Dengan Rasio Diameter Silinder Hidrolik 40 MM : 40 MM Menggunakan Beban Akumulator. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2111106013-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
2111106013-paper.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text
2111106013_presentation.pdf - Presentation

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan industri otomotif di Indonesia saat ini meningkat dengan pesat. Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor berbanding terbalik dengan ketersediaan bahan bakar fosil, dimana jumlah kendaraan bermotor semakin banyak sedangkan ketersediaan bahan bakar fosilsemakin menurun. Menurut penelitianCenter for Energy,Transportation, and the Environment (CETE),kendaraanbermotor hanya menyalurkan 16% dari tenaga bahan bakar yang digunakan. Sisanya sebesar 62% menjadi engine losses sebagaipanas dan getaran. Salah satu cara meningkatkan efisiensiadalah dengan memanfaatkan energi yang terbuang, salahsatunya adalah dengan memanfaatkan energi yang terdisipasi pada suspensi melalui konsep Regenerative Shock Absorber (RSA).Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian nilai konstanta pegas ( k ), pengujian nilai koefisien redaman ( c ) secara statis untuk viscous, viscous mekanik dan total baik dengan akumulator maupun tidak. Dilakukan juga pengujian dinamis secara periodic dan impuls pada kondisi menggunakan akumulator 100 % terisi, 55 % terisi dan 0 %. Dan yang terakhir dilakukan pengujian energy bangkitan dengan eksitasi periodic. Pengujian dilakukan dengan menggunakan massa kuarter car ( 250 kg ) Dari penelitian ini didapatkan nilai konstanta pegas ( k ), vi nilai koefisien redaman statis ( C ) untuk viscous, viscous mekanik dan total. Nilai koefisien redaman ( C ) pada saatmenggunakan akumulator 100 % terisi, 55 % terisi dan kosong. Didapatkan grafik percepatan fungsi waktu dengan eksitasi impuls dan periodic pada saat menggunakan akumulator 100 % terisi, 55 % terisi dan kosong. Didapatkan grafik energy bangkitan dari HEMSA dengan eksitasi periodic. Dan yang terakhir didapatkan grafik nilai kenyamanan pada standar ISO 2631 pada saat menggunakan akumulator 100 % terisi, 55 % terisi dan 0 %. ========== Development for otomotif industry in Indonesia increase in out number. Vehicle grow rate does not equal than gasoline capacity which vehicle capacity increase out of number in year but gasoline capacity was very slowy. From Center for Energy Transportation and Environment ( CETE ),only 16% effectivness from gasoline convert into power in every single engine. 62% loss to be heat and vibration. One of method that use to increase efficiency is using it is own losses and one of that losses is suspension vibration using Regenerative Shock Absorber ( RSA ). In this Final Project held spring constanta ( k ) and damping coefficient ( c ) test for static. held dynamic test, impuls and periodic for akumulator load and unload. Akumulator capacity devide in three condition, 100 % charged, 55 % charged and 0 % charged. And last test was for recovery energy, used dynamic test with akumulator load. This test used 1/4 quarter car mass ( 250 kg ) From test that have been held, result have been received is spring constanta ( k ), damping coefficient ( c ) in static condition for viscous damping, viscous + mechanic damping and total damping. Damping coefficient ( c ) used akumulator 100 % charged, 55 % charged and 0 % charged. Received graph acceleration vs time for dynamic test with three condition akumulator. Receive graph for recovery energy. Receive comfortable graph plot in ISO 2631 in three condition akumulator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Put s
Uncontrolled Keywords: Hydraulic Electro Mechanic Shock Absorber, getaran, energy recovery.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:34
Last Modified: 17 Jun 2019 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63112

Actions (login required)

View Item View Item