Analisa Kenyamanan Kendaraan Angkut Massal Dengan Pemodelan Pengemudi Sebagai Sistem Multi -DOF

Amalia, Nava (2014) Analisa Kenyamanan Kendaraan Angkut Massal Dengan Pemodelan Pengemudi Sebagai Sistem Multi -DOF. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100080-paper.pdf]
Preview
Text
2110100080-paper.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2110100080-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2110100080-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of 2110100080_presentation.pdf]
Preview
Text
2110100080_presentation.pdf - Presentation

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kendaraan umum atau alat transportasi massalmerupakan suatu kendaraan yang sering digunakan olehmasyarakat Indonesia yang tidak memiliki kendaraan pribadiuntuk bepergian. Alat transportasi massal yang dapat digunakanuntuk menempuh perjalanan antar kota adalah kereta dan bus.Namun, masyarakat lebih menyukai menggunakan bus untukmelakukan perjalanan jauh karena waktunya lebih flexibledibandingkan kereta api. Supir bus menempuh perjalanan yangjauh sehingga mereka lelah. Hal ini dipengaruhi oleh tingkatkenyamanan mengemudi. Kenyamanan dalam berkendaramerupakan hal yang penting karena kelelahan yang dialami supirdapat menyebabkan terjadinya kecelakaanPada tugas akhir ini akan dimodelkan dan disimulasikandinamika kendaraan angkut massal(bus) dan pengemudinyadengan menggunakan software Simulink Matlab. Hasil simulasiberupa respon dinamis (perpindahan, kecepatan, percepatan) daripengemudi bus dianalisa dan ditinjau dari standar kenyamanan.Selain itu,akan dianalisa mengenai frequency respon untukmengetahui perbandingan input dan output yang diberikan padakendaraan. Input yang diberikan berupa step dan harmonik.Untuk inputsinusoidal dengan amplitudo 0,01 m dankecepatan 40 km/jamRMS percepatanhasil simulasi pengemudipada bagian kepala, dada, perut dan pinggul pengemudi adalah0,1799m/s2,0,1811m/s2,0,171m/s2, dan0,1824m/s2yang
iimenurut standar ISO 2631berada padakondisi tidak ada keluhan.Pada kecepatan 100 km/jam RMS percepatanhasil simulasipengemudipada bagian kepala, dada, perut dan pinggulpengemudi berturut-turut adalah0,4844m/s2,0,4853m/s2,0,4669m/s2, dan0,474m/s2yang menurut standar ISO 2631berada padakondisi sedikittidak nyaman. Pada amplitudo maksimum yaitu0,03 m pada kecepatan 40 km/jam RMS percepatanhasil simulasipengemudi pada bagian kepala, dada, perut dan pinggul adalah0,5398m/s2,0,5431m/s2,0,5144m/s2, dan0,5466m/s2yangmenurut standar ISO 2631berada pada kondisisedikit tidaknyaman.Pada kecepatan 100 km/jam RMS percepatan yangdialami pengemudi pada bagian kepala, dada, perut, dan pinggulberturut-turut adalah1,454m/s2,1,447m/s2,1,074m/s2, dan1,395m/s2menurut standar ISO 2631 berada pada kondisisangat tidaknyaman. ========== Public transportation or mass transportation is a vehiclethat is often used by Indonesiancitizenwho does not have apersonal vehicle for traveling. Mass transportationthatcan beused to travel between cities are train and bus. However, peopleprefer to use busratherthan train becausetravelling by busismore flexible than train. Bus driveris easily to get tired becausethe journey was taken a lot of distance. It iseffectedby the level ofdriving comfort. Ride comfort is important because driverexhaustion can cause accident.In this final project,therewill beamodellingandsimulation ofthedynamics of mass transportation. The results ofthe simulationis analysisofdynamic response (displacement,velocity, acceleration) of the bus driverdue tostandard of comfort.In addition, the frequency response will be analyzed to determinethe ratio of input and output which were provided from the vehicle.Input is given in the form of step and harmonic.For a sinusoidal input with amplitude of 0.01 m and speedof 40 km / h,simulation resultsofdriver RMS acceleration on thehead, chest, abdomen and hips driver are 0.1799 m / s2, 0.1811 m/ s2, 0.171 m / s2, and 0.1824 m/ s2 which according to ISO 2631standards in zero complaint condition. At speed of 100 km /h,simulation resultsofdriver RMS acceleration on the head, chest,abdomen andhipsdriver are 0.4844 m / s2, 0.4853 m / s2, 0.4669m / s2, and 0.474 m / s2 whichaccording to ISO 2631 standardsinlittle uncomfortable condition. At the maximum amplitude of
iv0.03 m at speed of 40 km / h,simulation resultsofdriver RMSacceleration on the head, chest, abdomen and hips are 0.5398 m /s2, 0.5431 m / s2, 0.5144 m / s2, and 0.5466 m / s2 which accordingto ISO 2631 standards in little uncomfortable condition. At a speedof 100 km / h,simulation resultsofdriver RMS acceleration on thehead, chest, abdomen, and hipsdriver are1,454 m / s2, 1,447 m /s2, 1.074 m / s2,and 1,395 m / s2 according to ISO 2631 standardsin very uncomfortable condition

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.245 Ama a
Uncontrolled Keywords: modeling of dynamic systems, landmasstransportation, busand driver dynamics, ridecomfort
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 13 Jun 2019 08:23
Last Modified: 13 Jun 2019 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63121

Actions (login required)

View Item View Item