Utama, Andika (2014) Perancangan Modul CDI Untuk ECU Iquteche Dan Komparasi Unjuk Kerja Modul CDI Dan TCI Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Spesifikasi MP 1. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2107100111-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2107100111-paper.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2107100111-presentation.pdf - Presentation Download (4MB) | Preview |
Abstract
Salah satu komponen pendukung dalam sistem kelistrikan pada motor bakar bensin adalah CDI. Jenis CDI yang ditawarkan dalam dunia industri beragam jenis diantaranya jenis CDI racing dengan berbagai macam merk. Namun CDI dipasaran tidak memiliki kemampuan untuk dikontrol oleh ECU, karena sudah terdapat unit mikrokontrol yang mengatur sistem pengapiannya. Oleh karena itu perancangan CDI untuk menaikan kinerja mesin perlu didukung dengan penggantian komponen pengapian. Berdasarkan keterangan di atas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan solusi agar didapatkan rancang bangun sistem elektronik modul pengapian untuk ECU.Perancangan desain hardware CDI ini dilakukan dengan membandingkan unjuk kerja antara hardware CDI yang dikontrol oleh ECU iquteche pada motor Honda SupraX 125 spesifikasi MP1. Pengujian dilakukan menggunakan inertiadynamometer untuk memperoleh tenaga maksimum mesin pada tiap tingkatan kecepatan dan pengaturan kecepatan yang diinginkan dengan mengatur besarnya beban. Pada setiap perubahan putaran mesin (5000, 6000, 7000, 8000, 9000, 10000, 11000 dan 12000 rpm) dilakukan pencatatan data dari putaran roller dynamometer yaitu torsi, daya dan rpm. Hasil tugas akhir ini adalah mendapatkan desain hardware Capasitor Discharge Ignition yang dapat bekerja untuk mengoptimalkan performa putaran mesin dan daya yang maksimal pada Honda SupraX 125 spesifikasi MP1 pada putaran diatas 12000 RPM. Selain itu pengujian mendapatkan mapping pengapian yang sesuai terhadap putaran mesin dan pengaruh besarnya energi pengapian yang menyalakan busi, dimana angka perolehan daya tertinggi sebesar 15,0
hp pada putaran 9456 Rpm dan perolehan torsi sebesar 11,56 pada putaran 8836.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 621.437 Uta p |
Uncontrolled Keywords: | Capasitor Discharge Ignition, CDI racing, Engine Control Unit, ECU iquteche, Honda Supra X 125 spesifikasi MP1 |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 06:57 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63183 |
Actions (login required)
View Item |