Pengembangan Model Multi Machine-Multi Product EPQ Untuk Optimasi Jumlah Produksi Sodium Silicate Pada Perusahaan Kimia Dasar Dengan Keterbatasan Kapasitas Inventory

Chusain, . (2016) Pengembangan Model Multi Machine-Multi Product EPQ Untuk Optimasi Jumlah Produksi Sodium Silicate Pada Perusahaan Kimia Dasar Dengan Keterbatasan Kapasitas Inventory. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9114201318-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang menjadi obyek penelitian merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kimia dasar yang mempunyai visi untuk menjadi perusahaan manufaktur kimia yang terdepan, yang mana dalam mencapai visinya perusahaan tersebut juga dituntut untuk memiliki sebuah competitive advantage dalam menghadapi persaingan global tersebut. Perusahaan tersebut telah melakukan ekspansi pabrik untuk produk sodium silicate solid dan sodium silicate liquid. yang mulai berjalan pada tahun 2015 bulan januari, namun perusahaan memiliki challenge dalam manajemen produksi khususnya pada penentuan quantity produksi optimal. Pada saat ini perusahaan menentukan kuantitas produksi berdasarkan kapasitas produksi maksimal dengan asumsi bahwa produksi maksimal merupakan produksi yang paling efisein, disisi lain kuantitas produksi maksimal tidak diimbangi dengan kuantitas penjualan berdampak pada terjadinya penumpukan bahan jadi yang melebihi kapasitas gudang, yang mana hal tersebut berdampak pada meningkatnya biaya inventory perusahaan , yang berujung pada peningkatan COGM (Cost Of Goods Manufacturing) , yang merupakan ukuran sebuah competitiveness perusahaan oleh karena itu hal tersebut menjadi fokus utama dalam penelitian ini untuk memberikan rekomendasi yaitu, berapa kuantitas produksi sodium silikat yang optimal agar tercapai COGM yang lebih baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, kemudian dikembangkan model multi machine – multi product EPQ dengan mempertimbangkan keterbatasan pada kapasitas inventory dengan pendekatan derivative methode. Dari hasil penelitian ini dihasilkan pengembangan model multi machine- multi product EPQ serta perhitungan dengan model tersebut yang menghasilkan kuantitas produksi optimal tahunan untuk sodium silicate solid adalah 7.817.472 Kg. sedangkan untuk produk sodium silicate liquid untuk total seumua jenis produk adalah sebesar 1.470.500 Kg/siklus produksi dengan jumlah siklus produksi optimal sebanyak 6 siklus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.787 011 Chu p
Uncontrolled Keywords: base chemical manufacturer, sodium silicate production , multi machine-multi product EPQ.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD55 Inventory control
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:27
Last Modified: 24 Jun 2019 06:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63193

Actions (login required)

View Item View Item