Pembuatan Work Breakdown Structure Dictionary Untuk Program Implementasi ERP SAP Di PT Perkebunan Nusantara XI

Purwadii, Amelia Trianawati (2016) Pembuatan Work Breakdown Structure Dictionary Untuk Program Implementasi ERP SAP Di PT Perkebunan Nusantara XI. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5212100025-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kunci keberhasilan suatu proyek adalah selain dari sisi eksekusi proyek yang dijalankan juga sangat bergantung dengan bagaimana perencanaan dari proyek. Terdapat beberapa aktivitas yang seharusnya dilakukan dalam proyek ERP namun dalam eksekusinya muncul berbagai masalah yang berujung kegagalan implementasi. Ketidakmampuan mendefinisikan di awal akan aktivitas-aktivitas dalam manajemen proyek akan berdampak pada fase-fase selanjutnya yakni eksekusi hingga penutupan. Idealnya seorang project manager memiliki kemampuan untuk merencakan proyek yang sedang diambil tim proyeknya, perencanaan dilakukan mulai dari tahap inisiasi hingga closing. Oleh karena itu dibutuhkan suatu arahan rincian kerja yang memuat penjelasan mengenai aktivitas-aktivitas yang detail dalam menjalankan proyek sistem SAP ERP. Salah satu alat untuk membantu seorang project manager dalam menjaga implementasi proyek sesuai dengan perencanaan yaitu dengan WBS (Work Breakdown Structure). WBS merupakan suatu dekomposisi hirarki dari total ruang lingkup pekerjaan yang harus dilakukan tim proyek untuk mencapai tujuan proyek dan membuat hasil proyek yang dibutuhkan. Setiap level turunan dalam WBS menggambarkan definisi yang semakin detail dari pekerjaan proyek.Pembuatan WBS tersebut diawali dengan menentukan hasil luaran (deliverables) dari program yang kemudian terbentuk aktivitas apa saja yang berkaitan dan berlangsung selama program kemudian dokumentasi penjelas dari aktivitas yang telah terstruktur, metode perencanaan ERP yang digunakan adalah metode ASAP8 sebagai best practise dalam implementasi ERP, ASAP8 memuat metodologi implemenasi ERP SAP dengan 5 fase yakni project preparation, blueprint, realization, preparation, dan go live support. Terkait dengan manajemen proyek implementasi sistem ERP SAP, maka tugas akhir ini menghasilkan WBS dan WBS Dictionary dimana WBS program implementasi ERP SAP terdiri dari lima WBS dan WBS Dictionary. Terdapat 156 hasil luaran dan 186 aktivitas yang terstruktur serta WBS Dictionary untuk setiap aktivitas proyek. Verifikasi WBS dilakukan dengan observasi dokumen disesuaikan dengan best practice, sedangkan validasi dilakukan wawancara dengan pihak perusahaan dengan meggunakan checklist. Diharapkan dengan hasil tugas akhir ini pihak perusahaan memiliki acuan perencanaan program implementasi ERP SAP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.12 Pur p
Uncontrolled Keywords: Project Management, WBS (Work Breakdown Structure), WBS Dictionary, ERP (Enterprise Resource Planning), SAP
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:03
Last Modified: 25 Jun 2019 04:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63235

Actions (login required)

View Item View Item