Simulasi Model Arus Dan Sebaran Sedimen Untuk Mendukung Keamanan Alur Layar Kapal (Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya)

Damanik, Jainal Rabin (2016) Simulasi Model Arus Dan Sebaran Sedimen Untuk Mendukung Keamanan Alur Layar Kapal (Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3512100066-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak memiliki peran strategis sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia dalam menunjang kegiatan lalu lintas transportasi angkutan laut dari dan ke Kawasan Timur Indonesia, termasuk Jawa Timur Salah satu penyebab kecelakaan kapal adalah sedimentasi yang terlalu tinggi sehingga mengakibatkan kapal karam. Arus pasang surut mempengaruhi pergerakan sedimen yang terkandung di perairan tersebut. Proses pengendapan sedimen di suatu perairan dapat mempengaruhi bentuk topografi di dasar perairan tersebut, salah satunya adalah pendangkalan, sehingga kedalaman laut tidak sesuai lagi dengan draft kapal Penelitian ini mengungkapkan hasil tentang simulasi dan pola arus dan sedimentasi di Alur Pelayaran Barat – Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang dianalisis menggunakan rumus empiris Van Rijn melalui Program Pengolah Arus dan Sedimen. Dari Simulasi tersebut akan diketahui lokasi yang mengalami perubahan kedalaman akibat dari sedimen yang terjadi dalam rangka pemeliharaan kedalaman di alur pelayaran. Dari hasil pemodelan diperoleh sebaran material sedimen terbesar berada di area alur layar yang berdekatan dengan Petrokimia Gresik sebesar 1000 g/m3 pada koordinat 681731.65; 921048.50 saat pasang. Demikian juga dengan kecepatan arus terbesar terjadi pada daerah yang sama sebesar 19.73 km/jam pada koordinat 681757.96; 9210489.22. Hasil simulasi model memperlihatkan bahwa area tersebut sering juga terjadi pusaran air, sehingga pada area ini perlu dilakukan pemeriksaan kedalaman secara rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSG 551.303 Dam s
Uncontrolled Keywords: Arus Pasang Surut, Keamanan Alur Pelayaran, Sedimentasi
Subjects: Q Science > QE Geology > QE571 Sedimentation and deposition. Sediment transport.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 26 Jun 2019 08:01
Last Modified: 26 Jun 2019 08:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63295

Actions (login required)

View Item View Item