Husniah, Lailatul (2015) Optimisasi fitur Action Unit (AU) untuk ekspresi wajah menggunakan interpolasi blendshape berbasis linear least square. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2212205002-Dissertasion.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Dalam industri animasi, pembentukan ekspresi wajah pada model karakter
wajah 3D membutuhkan waktu yang lama karena harus mengkoreksi vertex secara
manual. Hal ini dikarenakan kompleksitas ekspresi wajah yang merupakan bagian
penting dalam pergerakan otot wajah yang terjadi secara alami. Salah satu teknik
yang digunakan untuk mendapatkan ekspresi wajah manusia adalah dengan
menggunakan interpolasi blendshape. Pada penelitian interpolasi blendshape yang
digunakan berbasis Linear least square. Metode ini dapat membantu proses
pembentukan ekspresi wajah yang optimal pada model wajah 3D. Desain model
wajah 3D Action Unit (AU) mengacu pada FACS yang menurut hasil survei, ratarata
50% dari 57 responden menyatakan setuju bahwa bentuk 3D AU sama dengan
deskripsi AU yang ada pada FACS. Penelitian menghasilkan ekspresi wajah target
yang sesuai ekspresi wajah acuan dengan melakukan optimisasi pada fitur Action
Unit model 3D. Optimisasi yang dilakukan menghasilkan ekspresi wajah yang di
inginkan, seperti senang, sedih, marah, jijik, takut dan terkejut. Ekspresi wajah yang
paling optimum adalah ekspresi wajah sedih dengan nilai error 0,000129
sedangkan ekspresi yang paling tidak optimum adalah ekspresi wajah takut dengan
nilai error 0,000265.
==========================================================================================================
In animation industry, the modelling process of facial expressions on 3D
character face models takes time as the vertex requires to be manually editted. This
is because of the complexity of facial expressions which are considered as the
important part in the facial muscles movement that occurs naturally. One of the
techniques that may obtain the human facial expressions is to utilize an interpolation
blendshape. This study applies the interpolation blendshape based Linear least
square. This method helps the modelling process of the optimal facial expressions
on the 3D face model. The 3D face model Action Unit (AU) was designed referring
to the FACS, which survey showed that the average of 50% out of 57 respondents
claimed that 3D shapes AU equal to that of the FACS description. The research
revealed that targeted facial expressions fit to the source of facial expressions by
optimizing the 3D model Action Unit features. Optimization sculpts the required
facial expressions, such as happy, sad, angry, disgust, fear, and surprise. The most
optimum facial expression is sad with an error value 1,29E-04, on the othe hand,
the lowest one is fear with the error value 2,65E-04.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTE 006.42 Hus o |
Uncontrolled Keywords: | Ekspresi wajah; blendshape; FACS; interpolasi; dan Linear least square |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 02:22 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 02:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63299 |
Actions (login required)
View Item |