Optimisasi fitur Action Unit (AU) untuk ekspresi wajah menggunakan interpolasi blendshape berbasis linear least square

Husniah, Lailatul (2015) Optimisasi fitur Action Unit (AU) untuk ekspresi wajah menggunakan interpolasi blendshape berbasis linear least square. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212205002-Dissertasion.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam industri animasi, pembentukan ekspresi wajah pada model karakter wajah 3D membutuhkan waktu yang lama karena harus mengkoreksi vertex secara manual. Hal ini dikarenakan kompleksitas ekspresi wajah yang merupakan bagian penting dalam pergerakan otot wajah yang terjadi secara alami. Salah satu teknik yang digunakan untuk mendapatkan ekspresi wajah manusia adalah dengan menggunakan interpolasi blendshape. Pada penelitian interpolasi blendshape yang digunakan berbasis Linear least square. Metode ini dapat membantu proses pembentukan ekspresi wajah yang optimal pada model wajah 3D. Desain model wajah 3D Action Unit (AU) mengacu pada FACS yang menurut hasil survei, ratarata 50% dari 57 responden menyatakan setuju bahwa bentuk 3D AU sama dengan deskripsi AU yang ada pada FACS. Penelitian menghasilkan ekspresi wajah target yang sesuai ekspresi wajah acuan dengan melakukan optimisasi pada fitur Action Unit model 3D. Optimisasi yang dilakukan menghasilkan ekspresi wajah yang di inginkan, seperti senang, sedih, marah, jijik, takut dan terkejut. Ekspresi wajah yang paling optimum adalah ekspresi wajah sedih dengan nilai error 0,000129 sedangkan ekspresi yang paling tidak optimum adalah ekspresi wajah takut dengan nilai error 0,000265. ========================================================================================================== In animation industry, the modelling process of facial expressions on 3D character face models takes time as the vertex requires to be manually editted. This is because of the complexity of facial expressions which are considered as the important part in the facial muscles movement that occurs naturally. One of the techniques that may obtain the human facial expressions is to utilize an interpolation blendshape. This study applies the interpolation blendshape based Linear least square. This method helps the modelling process of the optimal facial expressions on the 3D face model. The 3D face model Action Unit (AU) was designed referring to the FACS, which survey showed that the average of 50% out of 57 respondents claimed that 3D shapes AU equal to that of the FACS description. The research revealed that targeted facial expressions fit to the source of facial expressions by optimizing the 3D model Action Unit features. Optimization sculpts the required facial expressions, such as happy, sad, angry, disgust, fear, and surprise. The most optimum facial expression is sad with an error value 1,29E-04, on the othe hand, the lowest one is fear with the error value 2,65E-04.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 006.42 Hus o
Uncontrolled Keywords: Ekspresi wajah; blendshape; FACS; interpolasi; dan Linear least square
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:22
Last Modified: 27 Jun 2019 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63299

Actions (login required)

View Item View Item