Optimasi Sistem Pengangkutan Sampah Berdasarkan Kapasitas Kendaraan Pengangkut dan Kondisi Kontainer Sampah di Surabaya Barat

Ambariski, Prismeida Putri Dara (2016) Optimasi Sistem Pengangkutan Sampah Berdasarkan Kapasitas Kendaraan Pengangkut dan Kondisi Kontainer Sampah di Surabaya Barat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3312100029-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
3312100029-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Surabaya Barat merupakan kawasan yang terus berkembang. Dengan pertumbuhan penduduk sebesar 0,7% pertahun, sampah yang dihasilkan masyarakat Surabaya Barat sekitar 193,64 ton/hari yang tersebar di 52 TPS. TPS di Surabaya Barat terbagi atas dua jenis yaitu transfer depo (tipe I, tipe II, tipe III) dan landasan. Jenis TPS yang berbeda akan mempengaruhi luasan TPS tersebut. Kendaraan pengangkut yang paling banyak digunakan untuk mengangkut sampah di Surabaya Barat adalah truk arm roll. Truk arm roll yang tersedia terdiri dari kapasitas 6 m3, 8 m3 dan 14 m3. Terdapat dua kondisi kontainer yang digunakan untuk pelayanan pengangkutan sampah yaitu kontainer tertutup dan kontainer tanpa tutup. Tingkat pelayanan pengangkutan sampah di Surabaya Barat pada tahun 2016 sebesar 84,84%. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi sistem pengangkutan sampah kondisi eksisting sehingga penggunaan sarana yang ada dapat dioptimumkan dan anggaran yang dikeluarkan dapat diturunkan. Penelitian yang dilakukan meliputi analisis kondisi eksisting sistem pengangkutan sampah dengan metode mapping di 9 TPS selama 9 hari dan penelitian rute pada 12 truk arm roll yang telah ditentukan. Optimasi sistem pengangkutan sampah yang dilakukan dalam penelitian ini berupa optimasi jumlah ritasi, optimasi muatan, optimasi rute pengangkutan dan optimasi biaya operasional pengangkutan sampah. Optimasi penambahan ritasi dilakukan dengan memperhitungkan efisiensi penggunaan waktu kerja. Optimasi muatan dilakukan dengan menyesuaikan volume sampah yang diangkut dengan kapasitas kontainer. Optimasi rute pengangkutan dilakukan untuk mengurangi sisa waktu kerja. Sedangkan optimasi biaya operasional pengangkutan sampah dilakukan untuk membandingkan biaya pengangkutan antara kondisi eksisting dan hasil optimasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata truk arm roll yang melayani pengangkutan sampah di Surabaya Barat dapat melakukan 4 rit/hari, sehingga dapat dilakukan penambahan 1-2 rit/truk. Densitas sampah pada kontainer tertutup dan kontainer tanpa tutup masing-masing sebesar 256,03 kg/m3 dan 389,58 kg/m3. Muatan sampah di 16 TPS melebihi kapasitas yang seharusnya, sehingga untuk menghindari kelebihan muatan dapat dilakukan dengan penambahan ritasi atau penggantian kapasitas kontainer dengan yang lebih besar. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengamatan di lapangan, penggunaan truk untuk pelayanan pengangkutan sampah di Surabaya Barat dapat direduksi dari 37 truk hanya menjadi 27 truk. Dengan adanya penambahan ritasi membuat biaya operasional pada setiap truk arm roll mengalami peningkatan sebesar 13,44%. Namun, akibat adanya pengurangan jumlah armada yang digunakan membuat anggaran pengangkutan sampah yang harus dikeluarkan setiap harinya mengalami penurunan sebesar 8,09%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSL 363.728 Amb o
Uncontrolled Keywords: kapasitas, kontainer, optimasi, pengangkutan sampah, truk arm roll
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD789 Refuse and refuse disposal
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:11
Last Modified: 01 Jul 2019 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63372

Actions (login required)

View Item View Item