Islam, Yusuf (2015) Pengembangan Aplikasi Virtual Museum Dalam Bentuk Peta Tiga Dimensi Interaktif Pada Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya Menggunakan Unity. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5211100149-UndergraduateThesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sebuah lokasi museum atau monumen dapat dijadikan tempat
untuk melakukan pengenalan dan pembelajaran sejarah serta
menjadi salah satu lokasi pilihan untuk berwisata. Museum
dan monumen selayaknya memberikan informasi edukasi
pengetahuan sejarah maupun budaya yang ingin disampaikan
terkait tujuan dibangunnya lokasi museum atau monumen
tersebut.
Hingga saat ini pengenalan dan pembelajaran dari situs
bersejarah baik berupa monumen atau museum secara umum
masih menggunakan media yang konvensional.Yaitu dengan
hanya menggunakan media dua dimensi (2D) teks serta
gambar ke dalam bentuk brosur, buku, dan peta. Atau dengan
cara langsung berkunjung ke lokasi tersebut. Walau dengan
menggunakan media 2D cukup dapat memberikan informasi,
akan tetapi penyajian informasi tersebut masih kurang
menarik dan tidak dapat memberikan visualisasi lokasi
sebenarnya ke dalam bentuk 3D. Selain itu adanya kesulitan
untuk berkunjung secara langsung bagi sebagian orang
dikarenakan masalah jarak yang jauh dan faktor waktu
menjadikan sulit untuk berkunjung. Serta kemungkinan lokasi
yang penuh dengan pengunjung, menjadikan pembelajaran
yang didapat berkurang. Oleh karena itu diperlukan sebuah
media lain yang dapat memberikan penyajian informasi
secara lebih menarik dengan visualiasasi yang akurat dan
interaktif sebagai alternatif pengenalan dan pembelajaran
maupun alternatif pengalaman berkunjung ke sebuah museum
atau monumen.
Pada penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi virtual
museum 3D menggunakan game engine Unity untuk
menciptakan lingkungan virtual dari lingkungan lokasi
sebenarnya. Lokasi untuk implementasi virtual museum ini
adalah monumen Jalesveva Jayamahe atau dikenal dengan
MONJAYA berletak di Komando Armada Maritim RI kawasan
Timur (KOARMATIM) Surabaya, Jawa Timur. Dari hasil
penelitian dihasilkan aplikasi virtual museum untuk
pengenalan dan pembelajaran situs sejarah bagi siswa dan
masyarakat secara umum.
===========================================================================================================
Besides as a tourist destination, Museum is a place for
introducing and learning a history. Not only museum should
provide the information properly, but also delivered the
information in an interactive way to get the visitors involved.
Nowadays, museum tipically using two dimensional (2D)
media such as image, paper, book, or brochure for presenting
the information to visitors.
Although using 2D media can provide enough information, the
presentation is still less attractive and can't give the
visualization of the museum’s location or the museum's object
in three dimensional (3D) environment. In addition, for some
people it’s difficult to visit the museum directly due to the
matter of distance and time. Also the possibility of the location
filled with visitors, could make the process of learning or
recieving information become uneffective.
Therefore it needs a different media which can provide a more
attractive presentation of information and interactive
visualization as an alternative way to experience visitting the
museum that can be accessed from anywhere at anytime.
This study intend to develop a virtual museum application
using Unity game engine in Unity web player platform to
create the virtual environment of the actual museum location
that can be accessed online. The location for the
implementation of this virtual museum is Jalesveva Jayamahe
monument or known by MONJAYA located in East area of
Maritime Fleet Command of Indonesian Republic
(KOARMATIM) in Surabaya, East Java.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 006.696 Isl p |
Uncontrolled Keywords: | 3D, Unity Engine, Virtual Museum, Monumen Jalesveva Jayamahe (MONJAYA) |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 03:52 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 03:52 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63416 |
Actions (login required)
View Item |