Analisa Teknis Perencanaan Kapal Patroli Cepat Dengan Bentuk Hull Katamaran

Effendy, Junaedy (2006) Analisa Teknis Perencanaan Kapal Patroli Cepat Dengan Bentuk Hull Katamaran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4101100030-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Sebaga1 negara kepulauan, Indonesia rnernpunya1 potens1 rnar1t1rn yang sangat besar. Namun demikian.. kenvataan saat ini menuniukkan bahwa ._. . -· -· pernanfaatan potensi ini, banyak dilakukan oleh kapa1-kapal ikan asing secara ilegal. Hal ini karena mereka mempunyai teknologi yang lebih canggih dari pada kapal-kapal ikan Indonesia. Juga, terdapat banyak kasus illegal logging, penyelundupan BBM, penyelundupan obat-obatan terlarang melalui laut, dan kapal- kapal perompak yang selalu meresahkan kapal-kapal di perairan Indonesia. Salah satu upaya utama untuk mengatasi masalah-masalah ini adalah dengan rnenambah annada kapal patroli cepat dengan kecepatan tinggi. Kelemahan utama kaoal oatroli berbadan tunggal adalah bahwa kaoal ienis ini memounvai .:._ .:._ ~-..~-· .:._ -· .:. -· hambatan kapal yang cukup besar, sehingga cenderung menghasilkan kecepatan kapal yang tidak tinggi. Kelemahan ini dapat diatasi dengan penggunaan badan kapal berbentuk catamaran, yaitu berbadan ganda (Min-hull). Bila dibandingkan dengan bentuk mono-hufl, bentuk badan kapal ini mempunyai beberapa keuntummn_ vaitu: (i) memiliki hambatan kaoal van2: lebih kecil. sehin2:2:a dengan ,_. .· •· ·.. ,;. - ,_. . ~-- ........ daya mesin yang sama dapat menghasilkan kecepatan yang lebih besar, (ii) stab11itas kapal yang lebih baik, (111) dengan geladak yang leb1h Iebar, maka penempatan persenjataan dan pembidikan sasaran lebih mudah dilak."Ukan, dan (iv) kapasitas muat relatif Jebih besar. Dalam tugas akhir ini,. analisis perancangan kapal patroli cepat dengan bentuk badan catamaran yang akan dioperasikan di perairan Indonesia diuraikan. Perancangan kapal ini diawali dengan penentuan variables, parameters dan batasan-batasan (constraints) yang sesuai dengan kondisi perairan Indonesia. Selanjutnya proses optimasi dilakukan untuk menentukan ukuran utama kapal yang optimal, dan fungsi obyektif dalam proses ini adalah mem1nimalkan biaya total pembangunan kapal. Dari hasil proses ini, ukuran utama optimal yang didapatkan adalah sebagai berikut: Lpp = 29.7249 m, Bmoulded = 9.6596 m, Hmoulded = 3.35 m, T = 1.8 m, dan Vmaks = 30 knots, dengan total biaya pembangunan sebesar Rp 9.142.568.288, 19. Kemudian, gam bar rencana garis dan rencana umum dari hasil oerancangan kaoal ini iu2.a disai ikan dan dianalisis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.823 Eff a
Uncontrolled Keywords: kapa/ patroli cepat, catamaran. mono-huff. optimasi
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:19
Last Modified: 04 Jul 2019 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63475

Actions (login required)

View Item View Item