Peramalan penjualan sepeda motor tiap jenis di wilayah Surabaya dan Blitar dengan model arim box jenkins dan vector autoregressive (VAR)

Anggraeni, Ade Dwi (2014) Peramalan penjualan sepeda motor tiap jenis di wilayah Surabaya dan Blitar dengan model arim box jenkins dan vector autoregressive (VAR). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1310100033-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1310100033-paper.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1310100033-presentation.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Transportasi khususnya sepeda motor saat ini menjadi salah satu elemen yang sangat dibutuhkan manusia dalam membantu mobilitas manusia melakukan kegiatan sehari-hari. AISI (2010) menjelaskan bahwa penjualan sepeda motor di Indonesia meningkat dari 5,9 juta unit di tahun 2009 menjadi 7,4 unit di tahun 2010. Adanya peningkatan sebesar 25,7 persen dalam satu tahun menunjukkan adanya pertumbuhan yang pesat untuk penjualan sepeda motor di Indonesia. Pada penelitian ini menganalisis mengenai peramalan penjualan sepeda motor Honda dan Total Market tiap jenis di wilayah Surabaya dan Blitar karena Surabaya dan Blitar memiliki nilai IPM tertinggi di Jawa Timur. Diduga terdapat efek hubungan timbal balik antar penjualan sepeda motor, sehingga penyelesaian dalam kasus ini menggunakan metode ARIMA secara univariate dan Vector Autoregressive (VAR) secara multivariate. Berdasarkan univariate time series didapatkan model terbaik wilayah Surabaya adalah model ARIMA (1,1,0) baik untuk variabel Total Honda, Total Market, Honda maupun variabel Total Market jenis matic dan sport kecuali pada Honda jenis sport model terpilih adalah ARIMA (0,1,0). Begitu pula pada wilayah Blitar didapatkan model terbaiknya adalah ARIMA (1,1,0) variabel Total Honda, Total Market, Honda maupun variabel Total Market jenis matic dan sport kecuali pada Honda jenis sport model terpilih adalah ARIMA (0,1,1). Sedangkan untuk model VAR didapatkan VARIMA (1,1,0) untuk Honda dan Total Market Surabaya dan Blitar. =========================================================================================================== Today, transportation especially motorcycle become one of the important element to help the mobility of the activities people in everyday. AISI (2010) explain that motorcycle sales in Indonesia increase from 5,9 million units in 2009 to 7,4 units in 2010. It increase of 25,7 percent in one year. Forecasting of motorcycle sales in Surabaya and Blitar can be done by time series method. This research analyze about Surabaya and Blitar because Surabaya and Blitar have a highest HDI (Human Development Index) in East Java. We can use Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA ) in univariate time series and Vector Autoregressive (VAR) in multivariate time series. By using multivariate method, we can see about the relationship between one variables to another variables. The best model of this research by using univariate time series in Surabaya is ARIMA (1,1,0) for all variable, except the variable Honda type sport is ARIMA (0,1,0). In Blitar, the best model is ARIMA (1,1,0) for all variable, except the variable Honda type sport is ARIMA (0,1,1). By using multivariate method, the best model is VARIMA (1,1,0) for Honda and Total Market Surabaya and Blitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 Ang p
Uncontrolled Keywords: Penjualan sepeda motor; forecasting
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61.4 Forecasting in the social sciences
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:56
Last Modified: 04 Jul 2019 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63480

Actions (login required)

View Item View Item