Setiawan, Yulianto (2004) Menentukan Ukuran Utama Yang Optimal Untuk Propeller B-Series Menggunakan Open Water Diagram. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4199100039-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
Dalam sebuah desain awal baling-baling, seorang desainer lebih suka
menggunakan propeller tipe B-series, hal ini dikarenakan bukan hanya
performance karakteristik propeller B-series Ielah didokumentasikan dengan baik
tetapi juga jenis propeller ini telah teruji kehandalannya untuk pemakaian
komersil. Secara tradisional hydrodinamics performance B-series mr
direpresentasikan dalam kurva Kr - KQ- J atas dasar percobaan "open water
tests". Untuk memudahkan penggunaan diagram tersebut maka dikembangkan
bentuk Kr - KQ- J diagram dalam persamaan matematis dengan polinomial.
Parameter utama propeller seperti diameter, kisaran, pitch ratio, dan
blade area ratio pada nilai efisiensi optimum, dapat dicari dengan mengeplotkan
kurva koefisien karakteristik be ban kapal baik itu thrust at au torque sebagai fungsi
advance coefficient J kedalam Kr - KQ - J diagram dari percobaan open water
tests yang dibuat berdasarkan persamaan matematis dengan polinomial.
Dari sini tidak diperlukan lagi adanya interpolasi grafis seperti pada
metode sebelumnya, karena untuk parameter yang tidak diketahui akan dilakukan
eliminasi kedalam nilai advance coefficient J dan thrust coefficient Kr atau torque
coefficient KQ.
Dalam tugas akhir ini diusulkan suatu algoritma untuk mendapatkan
nilai parameter propeller pada efisiensi optimum dan selanjutnya dibuat suatu
program komputer untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Adanya studi kasus
yang mencangkup berbagai persoalan sesuai dengan kondisi pra perencanaan
yang ada digunakan untuk membuktikan algoritma yang diusulkan.
Ditunjang dengan adanya perangkat lunak komputer Excel yang banyak
berperan dalam pengolahan informasi khususnya data berbentuk angka untuk
perhitungan, proyeksi, ana/isis, dan presentasi data, maka akan didapatkan
kemudahan serta keakuratan dalam mendapatkan nilai parameter propeller
dengan efisiensi optimum dan juga hasilnya dapat ditampilkan kedalam sebuah
diagram atau grajik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.873 Set m |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:43 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 04:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63524 |
Actions (login required)
View Item |