Menentukan Ukuran Utama Yang Optimal Untuk Propeller B-Series Menggunakan Open Water Diagram

Setiawan, Yulianto (2004) Menentukan Ukuran Utama Yang Optimal Untuk Propeller B-Series Menggunakan Open Water Diagram. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4199100039-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah desain awal baling-baling, seorang desainer lebih suka menggunakan propeller tipe B-series, hal ini dikarenakan bukan hanya performance karakteristik propeller B-series Ielah didokumentasikan dengan baik tetapi juga jenis propeller ini telah teruji kehandalannya untuk pemakaian komersil. Secara tradisional hydrodinamics performance B-series mr direpresentasikan dalam kurva Kr - KQ- J atas dasar percobaan "open water tests". Untuk memudahkan penggunaan diagram tersebut maka dikembangkan bentuk Kr - KQ- J diagram dalam persamaan matematis dengan polinomial. Parameter utama propeller seperti diameter, kisaran, pitch ratio, dan blade area ratio pada nilai efisiensi optimum, dapat dicari dengan mengeplotkan kurva koefisien karakteristik be ban kapal baik itu thrust at au torque sebagai fungsi advance coefficient J kedalam Kr - KQ - J diagram dari percobaan open water tests yang dibuat berdasarkan persamaan matematis dengan polinomial. Dari sini tidak diperlukan lagi adanya interpolasi grafis seperti pada metode sebelumnya, karena untuk parameter yang tidak diketahui akan dilakukan eliminasi kedalam nilai advance coefficient J dan thrust coefficient Kr atau torque coefficient KQ. Dalam tugas akhir ini diusulkan suatu algoritma untuk mendapatkan nilai parameter propeller pada efisiensi optimum dan selanjutnya dibuat suatu program komputer untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Adanya studi kasus yang mencangkup berbagai persoalan sesuai dengan kondisi pra perencanaan yang ada digunakan untuk membuktikan algoritma yang diusulkan. Ditunjang dengan adanya perangkat lunak komputer Excel yang banyak berperan dalam pengolahan informasi khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi, ana/isis, dan presentasi data, maka akan didapatkan kemudahan serta keakuratan dalam mendapatkan nilai parameter propeller dengan efisiensi optimum dan juga hasilnya dapat ditampilkan kedalam sebuah diagram atau grajik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.873 Set m
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:43
Last Modified: 05 Jul 2019 04:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63524

Actions (login required)

View Item View Item