Analisa Statis Dalam Pra Perencanaan Sistem Tambat Lepas Pantai Jenis Calm

Boediarto, Gunawan (2000) Analisa Statis Dalam Pra Perencanaan Sistem Tambat Lepas Pantai Jenis Calm. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100007-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4394100007-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Dalam tugas akhir tnt dUabarkan aspek analisa besarnya mooringforce yang bekerja
pada mooring elemen (mooring hawser dan mooring chain) pada tanker yang terikat
pada catenary anchor leg mooring (CAlM) akibat eksitasi beban lingkungan.
Penentuan mooring force dilakukan dengan menggunakan analisa statts, dimana
analisa tnt mengasumsikan bahwa tanker yang tertambat pada single point mooring
akan mengalami posisi settmbang Cvaitu pada saatjumlah momen pada tanker sama
dengan noV dibawah beban angin dan arus statts. Untuk menentukan posisi
kesetimbangan pada tanker untuk satu nilai sudut datang antara angin dan ams
tertentu (Bwr) digunakan metode yang dikembangkan oleh U.S Navy, sedangkan untuk
menentukan mooring .force yang ter:jadi pada mooring chain digunakan analisa
catenary. Untuk mempermudah dalam analisa statts tnt maka dibuatlah program
komputer sebagai alat bantu dalam perhitungan. Analisa dilakukan pada sistem
tanker-CAlM. yang direncanakan dipasang pada perairan dengan kedalaman,
wd=39,624 m, dengan kecepatan arus Vc=1,543 mls dan kecepatan angin Vw=
35,402 mls. Tanker yang tertambat memiliki ukuran utama: LoA=100,6 m, B=15,3 m,
T=6,368, dan D=6725,34 ton, sedangkan untuk perhitungannya dilakukan variasi
pada Bwc (BWL'=120°, Bwc=140° ' eWL'=160°) dan pada jumlah mooring chain yang
digunakan (6 rantai: w1=1781,8268 N/m, 8 rantai: w2=1438,8871 Nlm, 12 rantai:
w3=904, 7769 Nlm). Pada Bwc=160° diperoleh tension maksimumpada mooring chain
dengan W1 , sebesar Tbmax=2560758,903 N yang ter:jadi pada Bc=80° . Sedangkan
posisi kesetimbangan pada Bwc=16if tercapai pada saat harga {}._.=8,2954° yang
menghasilkan gaya horisontal pada mooring Hawser sebesar H=5386248,341 N.
Pada Bw...=140° posisi setimbang terc.apai pada saat harga {}._.=13,023° yang
menghasi lkan gaya horisontal pada mooring Hawser sebesar H = 513 39 21, 699 N,. dan
pada Bw...= 120° kesetimbangan tercapai pada saat harga Be= 13, 39~ yang
menghasilkan gaya horisontal pada mooring Hawser sebesar H=377869?.49 N.
Hasil akhir dart analisa statts ini ditampilkan dalam kurva hubungan antara beban
statts-di5plasemen yang dapat memberikan in.formasi mengenai kemampuan
menyerap energi dart mooring sistem tersebut. Mooring chain pada CAlM dengan
berat persatuan paf!jang w1=1781,8286 Nlm mempunyai kemampuan menyerap
energi terbesar dengan kerja yang dilakukan sebesar W=2827800,888 J..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.22 Boe a
Uncontrolled Keywords: none
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:14
Last Modified: 08 Jul 2019 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63567

Actions (login required)

View Item View Item