Pembebanan Pembangkit Dinamis Mempertimbangkan Cadangan Berputar Menggunakan Mixed Integer Linear Programming

Septian, Deddy (2019) Pembebanan Pembangkit Dinamis Mempertimbangkan Cadangan Berputar Menggunakan Mixed Integer Linear Programming. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111745000081-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111745000081-Undergraduate_Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembagian pembebanan pada pembangkit-pembangkit yang ada pada sistem secara optimal dan ekonomis sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk meminimalkan biaya pembangkitan namun kebutuhan beban dapat terpenuhi. Economic dispatch (ED) adalah hal penting untuk melakukan penjadwalan pada setiap generator untuk menyalurkan daya ke beban sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang paling minimal. Dynamic economic dispatch (DED) adalah pengembangan dari ED yang dapat mengetahui daya yang dibutuhkan setiap interval waktunya dengan biaya yang paling minimal. DED digunakan untuk menentukan biaya yang seminimal mungkin dengan kebutuhan beban pada setiap waktunya untuk setiap unit sistem. Terdapat parameter ramp rate yang digunakan sebagai pertimbangan untuk mementukan persamaan DED, agar pendekatan yang dilakukan lebih layak untuk digunakan. Mixed integer linear programming yaitu pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan pembebanan pembangkit dinamis mempertimbangkan spinning reserve. Beberapa pengujian kasus 1 terdiri dari 3 unit generator dan pembebanan selama 3 jam, kasus 2 terdiri dari 5 generator dan pembebanan selama 24 jam, kasus 3 terdiri dari 10 generator dan pembebanan selama 24 jam. Pada kasus 1, 2 dan 3 biaya total pembangkitan mempertimbangkan spinning reserve meningkat berturut-turut sebesar 10,68%, 67,18% dan 1,56% dari biaya total yang tidak mempertimbangkan spinning reserve.
===============================================================================================================================
The distribution of load on plants that are in the system optimally and economically is very necessary. The point is to minimize generation costs but the demand can be solved. Economic dispatch (ED) is important for scheduling each generator to deliver power to the load in accordance with the most minimal needs and costs. Dynamic economic dispatch (DED) is the development of ED that can know the demand at each time interval with the least cost. DED is used to determine the minimum cost possible for the load requirements at any time for each system unit. There are ramp rate parameters that are used as considerations to determine the DED equation, so that the approach taken is more feasible to use. Mixed integer linear programming is the approach used to complete the loading of dynamic plants considering spinning reserve. Some test cases 1 consisted of 3 generator units and loading for 3 hours, case 2 consisted of 5 generators and 24 hours of loading, case 3 consisted of 10 generators and 24 hours of loading. In cases 1, 2 and 3 the total cost of generation considering spinning reserves increased by 10.68%, 67.18% and 1.56% of the total costs which did not consider spinning reserve.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 621.31 Sep p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Dynamic Economic Dispatch, Mixed Integer Linear Programming, Ramp Rate, Spinning Reserve.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1007 Electric power systems control
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Deddy septian
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63619

Actions (login required)

View Item View Item