Studi Tentang Cairan Refrigerant Untuk Pemakaian Di Kapal

Yugiantoro, Dwi (1992) Studi Tentang Cairan Refrigerant Untuk Pemakaian Di Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4854200105-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada kapal yang mengangkut muatan untuk jenis-jenis tertentu memerlukan suatu alat pendingin ruangan, agar muatannya selalu dalam keadaan segar hingga sampai ketujuan. Seperti halnya kapal yang mengangkut ikan, daging, buah-buahan dan sebagainya, Tetapi ada kalanya kapal yang digunakan untuk mengangkut bahan kimia seperti gas alam cair {LNG) menggunakan mesin pendingin untuk mempermudah proses pengangkutannya. Gas alam ini diproses dengan tekanan di bawah tekanan atmosfir dengan suhu yang amat rendah sehingga dapat dirubah bentuknya menjadi cair. Dengan demikian berat gas (LNG) yang bisa diangkut bisa lebih banyak daripada dalam keadaan gas pada volume yang sama. Jenis-jenis muatan tersebut perlu temperatur tertentu dalam pengangkutannya. Refrigerant pada sistem refrigerasi dapat diumpamakan sebagai darah yang dipompa oleh jantung (kompresor) ke seluruh tubuh (ruang pendingin). Refrigerant tersebut banyak sekali macamnya tetapi tidak satupun yang dapat dipakai untuk semua keperluan. Ini berarti tidak bisa langsung mengganti jenis refrigerant yang lain pada mesin yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Refrigerasi, termodinamika
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4035.R4 Refrigeration and refrigerating machinery
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:06
Last Modified: 31 Jul 2019 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63639

Actions (login required)

View Item View Item