Perancangan Pemanduan Peluru Kendali Menggunakan Metode Sliding Curve

Wihardi, Leonard (2019) Perancangan Pemanduan Peluru Kendali Menggunakan Metode Sliding Curve. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111540000096-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111540000096-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peluru kendali (rudal) dirancang agar bisa dikendalikan secara otonom dengan tujuan untuk mencapai sasaran yang diinginkan. Perancangan pemanduan rudal menjadi sangat penting untuk dikembangkan karena tanpa adanya pemanduan yang baik, pergerakan rudal akan menjadi tidak akurat dan bahkan tidak bisa mengenai sasaran yang diinginkan. Pemanduan rudal yang dirancang pada tugas akhir ini menggunakan metode sliding curve, dimana sistem pemanduan akan berusaha untuk mengikuti trayektori tertentu yang telah ditentukan dan memberi referensi sudut orientasi pada sistem autopilot rudal. Penentuan sudut referensi pada pemanduan rudal didapatkan berdasarkan posisi relatif rudal terhadap trayektori referensi. Perencanaan trayektori rudal dengan Dubins curve akan digunakan untuk mendapatkan trayektori referensi yang lebih mulus. Selisih jarak orthogonal antara posisi rudal dengan trayektori disebut sebagai cross-track error. Sistem pemanduan ini akan aktif selama rudal berada di luar sliding surface dan akan non-aktif ketika rudal telah berada di dalam sliding surface. Simulasi pengejaran rudal menuju sasaran adalah menggunakan sasaran statis. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan sasaran statis, pemanduan sliding curve mampu memandu rudal untuk bergerak sepanjang trayektori referensi dengan nilai Root-Mean-Square-Error (RMSE) dari cross-track error sebesar 0.1160 meter dan vertical-track error sebesar 0.2972 meter.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 629.831 2 Wih p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Dubins Curve, Peluru Kendali, Sistem Pemanduan, Sliding Curve
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
U Military Science > U Military Science (General)
U Military Science > UG1242 Drone aircraft--Control systems. (unmanned vehicle)
U Military Science > U Military Science (General) > UG Military Engineering > UG1242.D7 Unmanned aerial vehicles. Drone aircraft
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Leonard Wihardi
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:01
Last Modified: 16 Mar 2023 04:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63722

Actions (login required)

View Item View Item