Peramalan Penjualan Semen di PT Semen Indonesia Distributor menggunakan Metode ARIMA Box-Jenkins

Hidayat, Nuris Farandhini (2019) Peramalan Penjualan Semen di PT Semen Indonesia Distributor menggunakan Metode ARIMA Box-Jenkins. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611600000021-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10611600000021-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Semen Indonesia Distributor merupakan perusahaan distributor PT Semen Indonesia, Tbk terbesar yang memiliki dukungan cabang yang tersebar di kota besar di Indonesia. Menurut PT Semen Indonesia Distributor, selama ini semen jenis PPC telah menjadi produk yang menguasai pasar dengan tingkat penjualan tertinggi dibandingkan dengan produk dengan tipe semen yang lain. Semakin menipisnya bahan baku, pihak produsen mulai memproduksi jenis semen baru yaitu semen jenis PCC yang mulai di distribusikan di tahun 2016. Penjualan semen di PT Semen Indonesia selama ini mengalami fluktuasi. Permasalahan seperti over supply sering terjadi pada saat musim penghujan. Oleh karena itu PT Semen Indonesia Distributor selaku perusahaan distribusi perlu melakukan suatu perencanaan penjualan yang tepat. Penelitian ini ingin meramalkan penjualan semen di PT Semen Indonesia Distributor dengan metode ARIMA Box-Jenkins menggunakan model yang terbaik. Metode peramalan ARIMA Box-Jenkins merupakan suatu metode peramalan yang biasanya sangat baik digunakan untuk melakukan peramalan jangka pendek. Diperoleh model terbaik jika menggunakan data penjualan semen jenis PPC yaitu ARIMA (1,0,1)12 dimana penjualan semen di tahun 2019 diperkirakan mengalami penurunan sebesar 21,58% dari tahun 2018. Model terbaik dengan menggunakan data total penjualan semen jenis PPC dan PCC yaitu ARIMA (1,0,1)(1,0,0)12 dimana penjualan semen di tahun 2019 diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 88,28% dari tahun 2018.
==============================================================================================================================
PT Semen Indonesia Distributor is the biggest distributor of PT Semen Indonesia, Tbk that have many branches supports spread across major cities in Indonesia. According to PT Semen Indonesia Distributor, cement PPC type had been becoming a product that took charge the market. Due to the decrease of raw materials, producer start to launched new product that is PCC which start distributed in 2016. Cement trading by PT Semen Indonesia Distributor had been experiencing fluctuation. Problem such us over supply often occurs during rainy season. Therefor PT Semen Indonesia Distributor as a distribution company needs to do the right trade planning. The purpose of this research is to forecast cement trading in PT Semen Indonesia Distributor using ARIMA Box-Jenkins method. This forecasting method is the accurate method to do short-term forecast. This research use the best model of ARIMA Box-Jenkins to forecast cement trading. The best model if using cement trading of PPC is ARIMA (1,0,1)12 , comparing from 2018 cement trading prediction in 2019 is decrease 21,58%. The best model if using total cement trading of PPC and PCC is ARIMA (1,0,1)(1,0,0)12, comparing from 2018 cement trading prediction in 2019 is increase 88,28%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSB 519.53 Hid p-1 2019
Uncontrolled Keywords: ARIMA Box-Jenkins, Penjualan, Peramalan, Semen
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.3 Time-series analysis
Q Science > QA Mathematics > QA280 Box-Jenkins forecasting
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Hidayat Nuris Farandhini
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:27
Last Modified: 23 Dec 2022 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63824

Actions (login required)

View Item View Item