Cristina, Evi Nila (2014) Penentuan Keputusan Pengiriman Berbasis Informasi Stock Criticality Dan Segmentasi Waktu Kirim (Studi kasus: Distribusi Semen Zak). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2510100133-Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kebijakan penentuan keputusan pengiriman merupakan hal yang sangat
penting dalam distribusi produk. Trigger penentuan keputusan pengiriman menjadi
hal yang utama dan harus dapat menggambarkan kondisi kebutuhan riil. Information
visibility antar elemen supply chain diperlukan agar penentuan demand dengan dasar
informasi stock criticality dapat berjalan baik. Dengan menggunakan trigger
pengiriman yang berbasis stock criticality dapat ditentukan dengan tepat konsumen
yang membutuhkan pasokan. Selain trigger pengiriman, proses distribusi tidak dapat
lepas dari penjadwalan pengiriman. Pada penjadwalan pengiriman harus diperhatikan
jarak dan adanya ketidak pastian selama proses pengirimn baik yang terjadi di pabrik,
perjalanan maupun di lokasi konsumen. Pada penelitian ini akan dilakukan
pemodelan simulasi untuk kondisi kebijakan eksisting pada studi kasus pengiriman
semen zak. Kemudian akan dilakukan pemodelan simulasi perbaikan dengan
mempertimbangkan stock criticality dari tiap distributor yang dilayani untuk
meningkatkan pemenuhan permintaan. Selain itu, juga akan diterapkan penjadwalan
dengan menerapkan segmentasi waktu kirim dengan kluster pengiriman jarak dekat,
menengah dan jauh untuk mengurangi waktu siklus pengiriman dan meningkatkan
produktivitas truk. Dari hasil penelitian didapatkan pengurangan waktu siklus sebesar
10 jam atau sekitar 16% dari rata-rata waktu siklus. Waktu siklus yang berkurang
juga menyebabkan perputaran truk lebih cepat sehingga produktivitas truk meningkat
dan jumlah truk yang diperlukan berkurang.
===========================================================================================================
Shipping policy decision making is very important in the distribution of
products. Trigger delivery becomes the main thing, and should be able to describe the
condition of the real needs. Information visibility across the supply chain elements
required in order to determine demand with basic stock information criticality can run
well. in addition, the distribution can’t be separated from the delivery scheduling. In
the delivery scheduling, distance and uncertainty during the shipping process must be
considered, whether this occurs at factory, traveling, or at the location of the
consumer. In this study, simulation modeling will be done for the condition of the
existing policy on a case study sack cement delivery. Then the simulation modeling
improvements will be done by considering the criticality of each distributor stock
which served to increase the demand fulfillment. In addition, the scheduling will be
implemented by applying cluster segmentation delivery time by sending a short
distance, intermediate and far to reduce cycle times and improve truck productivity.
From the results of this research, the reduction of cycle time by 10 hours, or about
16% of the average cycle time. Cycle time reduction also causes more rapid turnover
truck so the truck increased productivity and reduced the number of trucks required.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSl 658.403 Cri p |
Uncontrolled Keywords: | Stock Criticality, Keputusan pengiriman, Segmentasi Waktu Kirim, Information Visibility, Simulasi ARENA |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 02:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 02:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63834 |
Actions (login required)
View Item |