Penentuan Keputusan Pengiriman Berbasis Informasi Stock Criticality Dan Segmentasi Waktu Kirim (Studi kasus: Distribusi Semen Zak)

Cristina, Evi Nila (2014) Penentuan Keputusan Pengiriman Berbasis Informasi Stock Criticality Dan Segmentasi Waktu Kirim (Studi kasus: Distribusi Semen Zak). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2510100133-Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebijakan penentuan keputusan pengiriman merupakan hal yang sangat penting dalam distribusi produk. Trigger penentuan keputusan pengiriman menjadi hal yang utama dan harus dapat menggambarkan kondisi kebutuhan riil. Information visibility antar elemen supply chain diperlukan agar penentuan demand dengan dasar informasi stock criticality dapat berjalan baik. Dengan menggunakan trigger pengiriman yang berbasis stock criticality dapat ditentukan dengan tepat konsumen yang membutuhkan pasokan. Selain trigger pengiriman, proses distribusi tidak dapat lepas dari penjadwalan pengiriman. Pada penjadwalan pengiriman harus diperhatikan jarak dan adanya ketidak pastian selama proses pengirimn baik yang terjadi di pabrik, perjalanan maupun di lokasi konsumen. Pada penelitian ini akan dilakukan pemodelan simulasi untuk kondisi kebijakan eksisting pada studi kasus pengiriman semen zak. Kemudian akan dilakukan pemodelan simulasi perbaikan dengan mempertimbangkan stock criticality dari tiap distributor yang dilayani untuk meningkatkan pemenuhan permintaan. Selain itu, juga akan diterapkan penjadwalan dengan menerapkan segmentasi waktu kirim dengan kluster pengiriman jarak dekat, menengah dan jauh untuk mengurangi waktu siklus pengiriman dan meningkatkan produktivitas truk. Dari hasil penelitian didapatkan pengurangan waktu siklus sebesar 10 jam atau sekitar 16% dari rata-rata waktu siklus. Waktu siklus yang berkurang juga menyebabkan perputaran truk lebih cepat sehingga produktivitas truk meningkat dan jumlah truk yang diperlukan berkurang. =========================================================================================================== Shipping policy decision making is very important in the distribution of products. Trigger delivery becomes the main thing, and should be able to describe the condition of the real needs. Information visibility across the supply chain elements required in order to determine demand with basic stock information criticality can run well. in addition, the distribution can’t be separated from the delivery scheduling. In the delivery scheduling, distance and uncertainty during the shipping process must be considered, whether this occurs at factory, traveling, or at the location of the consumer. In this study, simulation modeling will be done for the condition of the existing policy on a case study sack cement delivery. Then the simulation modeling improvements will be done by considering the criticality of each distributor stock which served to increase the demand fulfillment. In addition, the scheduling will be implemented by applying cluster segmentation delivery time by sending a short distance, intermediate and far to reduce cycle times and improve truck productivity. From the results of this research, the reduction of cycle time by 10 hours, or about 16% of the average cycle time. Cycle time reduction also causes more rapid turnover truck so the truck increased productivity and reduced the number of trucks required.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSl 658.403 Cri p
Uncontrolled Keywords: Stock Criticality, Keputusan pengiriman, Segmentasi Waktu Kirim, Information Visibility, Simulasi ARENA
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:41
Last Modified: 11 Jul 2019 02:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63834

Actions (login required)

View Item View Item