Rancang Bangun Pemantau Kualitas Air Kolam Budidaya Ikan Lele Berbasis IoT

Fiddihaq, Sibghah Rakasiwi (2019) Rancang Bangun Pemantau Kualitas Air Kolam Budidaya Ikan Lele Berbasis IoT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111745000012-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111745000012-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, kebutuhan orang akan terus berubah. Merupakan keharusan bagi pembudidaya ikan untuk meningkatkan alat-alatnya. Dalam hal itu, pembudidaya harus menyadari bahwa kecepatan dan keandalan alat untuk memantau objek kultivasinya. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat untuk memantau tempat tinggal objek budidaya. Perangkat ini dimaksudkan untuk membantu memantau kualitas air yang terintegrasi ke dalam network karena perangkat ini berbasis IoT, kualitas air dapat dipantau secara real time tanpa pengguna mendekat ke kolam. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor pH untuk mengukur pH pada air, sensor kekeruhan untuk mengukur level kekeruhan air dan sensor ultrasonic untuk mengukur ketinggian air. Yang diharapkan dari perangkat ini adalah untuk membantu pembudidaya ikan dalam melakukan pekerjaan mereka. Karena alat ini berbasis IoT, pembudidaya ikan tidak perlu lagi melihat ikan mereka sesering sebelumnya dan hanya perlu dipantau dari kejauhan.
===============================================================================================================================
As the time progress, people necessity will keep changing. It’s a must for fish cultivator to upgrade its tools. In that regard, cultivator must realize that’s speed and reliability of tools to monitoring its cultivation object. Therefore, its necessary for a device to monitoring habitation of its cultivation object. This device intended to help monitoring water quality and integrated into network as this device is IoT-based, water quality can be monitored in real time without come closer into the pond. This device equipped with pH sensor, turbidity sensor and ultrasonic sensor Its to be expected for this device to help fish cultivator in doing their job. Because this devise is IoT-based, the fish cultivator no longer need to see their fish as often as before and only need to monitored from distance.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 629.89 Fid r-1 2019
Uncontrolled Keywords: Ikan Lele, Monitoring, Kualitas Air, berbasis IoT
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1007 Electric power systems control
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.5 Modulation (Electronics), Demodulation (Electronics)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sibghah Rakasiwi
Date Deposited: 22 May 2023 01:57
Last Modified: 22 May 2023 01:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63880

Actions (login required)

View Item View Item