Perencanaan ulang jalan Brangkal - Badung STA. 0+000 - STA. 3+000 menggunakan perkerasan lentur Kabupaten Mojokerto Jawa Timur

Larasati, Cynthia and Rahmasari, Aulia (2014) Perencanaan ulang jalan Brangkal - Badung STA. 0+000 - STA. 3+000 menggunakan perkerasan lentur Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111030126_3111030127-Non Degree.pdf]
Preview
Text
3111030126_3111030127-Non Degree.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan baru ini merupakan usaha yang
sangat penting untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas
dari Brangkal ke Badung maupun dari sebaliknya. Tujuan
Perencanaan Jalan di Desa Brangkal - Badung yaitu
untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan pengguna
jalan khususnya para pariwisata yang menuju tempat
wisata Pacet.
Perencanaan jalan ini bertujuan mengetahui tebal
lapis perkerasan jalan, dimensi saluran drainase,
perencanaan geometrik, serta menghitung rancangan
anggaran biaya yang dibutuhkan. Metode yang
digunakan meliputi perencanaan tebal lapis perkerasan
dengan metode analisa komponen 1987, analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia
(MKJI) 1997, perencanaan drainase menggunakan
Metode SNI 03-3424-1994, perencanaan geometrik
dengan menggunakan Metode Bina Marga, dan Rencana
Anggaran Biaya menggunakan HSPK Kabupaten
Mojokerto.
Dari hasil perhitungan diperoleh lebar untuk satu
lajur sebesar 4,5 m dengan 2 lajur 2 arah tak terbagi (2/2
UD). Serta konstruksi berupa tebal lapis perkerasan 7,5
cm LASTON (MS 744), 20 cm Batu Pecah Kelas B (CBR
80%), 15 cm Sirtu Kelas C (CBR 30%). Untuk dimensi
saluran tepi (drainase) menggunakan pasangan batu kali
berbentuk segi empat. Rencana anggaran biaya untuk
perencanaan jalan ini adalah sebesar Rp. 14,539,878.000
(empat belas milyar lima ratus tiga puluh sembilan juta
delapan ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah)

==========================================================================================================

Construction of new roads is a very important effort
to improve the smoothness of traffic of Brangkal to
Badung or from otherwise. The purpose of Brangkal -
Badung road planning is to improve the comfort and
safety of road users especially the leading tourism
attractions Pacet.
This road planning aims to find thick layers of road
pavement, drainage channel dimensions, geometric
planning, calculate the cost of the required budget plan.
The methods used in the planning of the road include the
calculation of pavement layer thickness by using Method
Kapasitas Jalan Insonesia (MKJI) 1997, drainage
planning using SNI 03-3424-1994, planning of road
geometric using Metode Bina Marga, and budget cost
using by HSPK Mojokerto Regency. From the calculation results obtained for a singlelane
width of 4,5 m with a 2-lane 2-way undivided (2/2
UD). And construction of a 7.5 cm thick layer of
pavement LASTON (MS 744), 20 cm Stone Broke Class B
(CBR 80%), 15 cm Sirtu Class C (CBR 30%). For the
dimensions channel edge (drainage) using follow of river
rocks. Budget plan for this Brangkal-Badung road
planning is Rp. fourteen billion five hundred and thirtynine
million eight hundred and seventy-eight thousand
dollars)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Las p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan jalan; Drainase; Geometrik
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:53
Last Modified: 12 Jul 2019 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63930

Actions (login required)

View Item View Item