Perencanaan ulang jalan Brangkal - Badung STA. 0+000 - STA. 3+000 menggunakan perkerasan lentur Kabupaten Mojokerto Jawa Timur

Larasati, Cynthia and Rahmasari, Aulia (2014) Perencanaan ulang jalan Brangkal - Badung STA. 0+000 - STA. 3+000 menggunakan perkerasan lentur Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3111030126_3111030127-Non Degree.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan baru ini merupakan usaha yang sangat penting untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dari Brangkal ke Badung maupun dari sebaliknya. Tujuan Perencanaan Jalan di Desa Brangkal - Badung yaitu untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan pengguna jalan khususnya para pariwisata yang menuju tempat wisata Pacet. Perencanaan jalan ini bertujuan mengetahui tebal lapis perkerasan jalan, dimensi saluran drainase, perencanaan geometrik, serta menghitung rancangan anggaran biaya yang dibutuhkan. Metode yang digunakan meliputi perencanaan tebal lapis perkerasan dengan metode analisa komponen 1987, analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perencanaan drainase menggunakan Metode SNI 03-3424-1994, perencanaan geometrik dengan menggunakan Metode Bina Marga, dan Rencana Anggaran Biaya menggunakan HSPK Kabupaten Mojokerto. Dari hasil perhitungan diperoleh lebar untuk satu lajur sebesar 4,5 m dengan 2 lajur 2 arah tak terbagi (2/2 UD). Serta konstruksi berupa tebal lapis perkerasan 7,5 cm LASTON (MS 744), 20 cm Batu Pecah Kelas B (CBR 80%), 15 cm Sirtu Kelas C (CBR 30%). Untuk dimensi saluran tepi (drainase) menggunakan pasangan batu kali berbentuk segi empat. Rencana anggaran biaya untuk perencanaan jalan ini adalah sebesar Rp. 14,539,878.000 (empat belas milyar lima ratus tiga puluh sembilan juta delapan ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah) ========================================================================================================== Construction of new roads is a very important effort to improve the smoothness of traffic of Brangkal to Badung or from otherwise. The purpose of Brangkal - Badung road planning is to improve the comfort and safety of road users especially the leading tourism attractions Pacet. This road planning aims to find thick layers of road pavement, drainage channel dimensions, geometric planning, calculate the cost of the required budget plan. The methods used in the planning of the road include the calculation of pavement layer thickness by using Method Kapasitas Jalan Insonesia (MKJI) 1997, drainage planning using SNI 03-3424-1994, planning of road geometric using Metode Bina Marga, and budget cost using by HSPK Mojokerto Regency. From the calculation results obtained for a singlelane width of 4,5 m with a 2-lane 2-way undivided (2/2 UD). And construction of a 7.5 cm thick layer of pavement LASTON (MS 744), 20 cm Stone Broke Class B (CBR 80%), 15 cm Sirtu Class C (CBR 30%). For the dimensions channel edge (drainage) using follow of river rocks. Budget plan for this Brangkal-Badung road planning is Rp. fourteen billion five hundred and thirtynine million eight hundred and seventy-eight thousand dollars)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Las p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan jalan; Drainase; Geometrik
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:53
Last Modified: 12 Jul 2019 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63930

Actions (login required)

View Item View Item