Pembuatan Alat Untuk Pengaturan Arah Putar Kecepatan Dan Pengereman Motor Induksi Satu Fasa Dengan Digital Kontrol

Widjaja, Marga Budi (2000) Pembuatan Alat Untuk Pengaturan Arah Putar Kecepatan Dan Pengereman Motor Induksi Satu Fasa Dengan Digital Kontrol. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2297039020 Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview

Abstract

Motor induksi satu fasa adalah salah satu jenis dari pada mesin listrik yang banyak dijumpai penggunaannya pada mesin-mesin perkakas baik dalam industri maupun rumah tangga. Motor induksi satu fasa dapat digunakan sebagai penggerak utama pada alat-alat listrik seperti mesin penggulung benang, penggerak pintu gerbang, mesin cuci, ex haust fan, dan masih banyak lagi. Sistem mekanik yang membutuhkan penggerak utama dengan torsi awal yang tinggi dan daya yang kecil akan selalu menggunakan motor induksi satu fasa sebagai sumber penggeraknya. Namun terkadang dalam pengoperasiannya diperlukan suatu sistem pengaturan, untuk dapat mengoperasikan motor induksi satu fasa agar sesuai dengan fungsinya dalam suatu peralatan listrik seperti tersebut diatas. Salah satu contoh adalah pengoperasian motor induksi satu fasa dalam aplikasinya sebagai penggerak pintu gerbang otomatis. Dalam hal ini diperlukan pengaturan kecepatan, pengaturan arah putar, dan pengaturan pengereman motor induksi satu fasa yang terintegrasi dalam satu rangkaian sistem. Sehingga dengan rangkaian sistem seperti ini, dapat memungkinkan motor induksi satu fasa mampu untuk melakukan fungsinya sebagai sumber penggerak utama dalam peralatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSE 681.76 Wid p
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL214 Automobiles--Motors--Pistons and piston rings.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20401-(D3) Diploma 3
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:07
Last Modified: 12 Jul 2019 07:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63948

Actions (login required)

View Item View Item