Strategi Pemasaran Handphone dengan Mempertimbangkan Segmentasi Konsumen Menggunakan Teori Permainan (Studi Kasus : Mahasiswa ITS)

Simanjuntak, Tommy Ferdinand (2019) Strategi Pemasaran Handphone dengan Mempertimbangkan Segmentasi Konsumen Menggunakan Teori Permainan (Studi Kasus : Mahasiswa ITS). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111540000019-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06111540000019-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat cepat sehingga berdampak kepada aspek bisnis dan handphone merupakan produk teknologi komunikasi yang telah menjadi area bisnis menggiurkan bagi produsen. Setiap produsen melakukan kegiatan bauran pemasaran dalam usaha untuk mempertahankan keberadaannya. Teori permainan merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam situasi persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Dalam penelitian ini digunakan teori permainan dalam persaingan tiga merek handphone, yaitu: Samsung, Xiaomi, dan Oppo. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada responden yaitu mahasiswa ITS untuk mendapatkan nilai pada matriks permainan. Program linear juga digunakan untuk penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain merupakan strategi optimal untuk Samsung, harga terjangkau merupakan strategi optimal untuk Xiaomi, dan kualitas kamera merupakan strategi optimal untuk Oppo.
===============================================================================================================================
In the current era of globalization, the development of communication technology is so fast that it impactson business aspects and handphone is a communication technology product that has become a lucrative business area for manufacturers. Each manufacturer carries out marketing mix activities in an effort to maintain its existance. Game theory is a mathematical model that is used in situations of conflict between the various interests face each other as competitors. This research used game theory in the competition of three handphone brands, namely: Samsung, Xiaomi, and Oppo. The data used in this research are primary data in the form of questionnaries given to respondents, namely ITS Students to get scores on the pay off matrix. Linear programming is also used for problem solving. The results show that design is optimal strategy for Samsung, an affordable pricing is optimal strategy for Xiaomi, and camera quality is optimal strategy for Oppo.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMa 519.3 Sim s-1 2019
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Marketing, Linear Programming, Game Theory
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA269 Game theory
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tommy Ferdinand Simanjuntak
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:06
Last Modified: 27 Mar 2023 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64130

Actions (login required)

View Item View Item