Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Berbelanja Online dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)

Ardiriani, Aprilia (2019) Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Berbelanja Online dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211540000012-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06211540000012-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belanja online saat ini bukan menjadi hal yang asing bagi setiap orang. Kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan dari belanja online membuat orang-orang tertarik untuk melakukan belanja online. Melihat hal tersebut maka banyak situs belanja online yang muncul untuk mengambil kesempatan dalam menggaet pangsa pasar. Berdasarkan hasil dari pra survei yang telah dilakukan, mahasiswa Statistika ITS paling banyak menggunakan situs belanja online Shopee oleh karena itu, akan dilakukan pemodelan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dalam berbelanja online dengan menggunakan SEM yang berfokus pada situs Shopee. Data yang digunakan merupakan data primer yang terdiri dari 130 responden. Terdapat 26 indikator yang terdiri dari 3 indikator variabel keamanan, 3 indikator variabel ketersediaan informasi, 6 indikator variabel pengiriman, 3 indikator variabel kualitas, 3 indikator variabel harga, 3 indikator variabel waktu dan 5 indikator variabel kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan 2 observasi terdekteksi sebagai outlier multivariat sehingga untuk proses selanjutnya 2 observasi tersebut akan dihapus dan analisis selanjutnya data yang digunakan sebanyak 128. Pada pengujian Confirmatory Factor Analysis (CFA) diperoleh variabel waktu tidak reliabel dan indikator X31 dan X36 tidak signifikan sehingga pada pemodelan SEM indikator yang digunakan sebanyak 21 indikator. Berdasarkan hasil analisis pemodelan SEM diperoleh variabel kualitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan 4 variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
===============================================================================================================================
Online shopping nowadays is not a stranger to everyone. The convenience and benefits offered by online shopping make people more interested in shopping online. Seeing this, many online shopping sites appear to take the advantage of the market. One of the online shopping sites that is often used by ITS statistics students is Shopee online shopping sites. Looking at users from shopee sites that are quite a lot among ITS statistics students, modeling will be carried out to influence the satisfaction of ITS Statistics students in online shopping using the SEM method. The data used in this research is primary data consisting of 130 respondents. There are 26 indicators consisting of 3 indicators of security variables, 3 indicators of availability of information variables, 6 indicators of delivery variable, 3 indicators of quality variables, 3 indicators of price variables, 3 indicators of time variables, and 5 indicators of customer satisfaction variables. In the outlier detection process, 2 observations were detected as multivariate outliers so that for the next process 2 observations would be deleted and in the subsequent analysis 128 data were used. In testing Confirmatory Factor Analysis (CFA), the time variable is not reliable and indicator of X31 dan X36 are not significant, so in the SEM modeling the indicators are 21 indicators. Based on the results of SEM modeling analysis, the quality variable has a significant effect on customer satisfaction while the other 4 variables have no significant effect on customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSt 519.536 Ard P-1 2019
Uncontrolled Keywords: Model, Online Shopping, Satisfaction, SEM
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardiriani Aprilia
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:29
Last Modified: 17 Apr 2023 02:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64233

Actions (login required)

View Item View Item