Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Produksi PT. Coca Cola Tirtalina Bottling Company

Sulistiyantini, . (1999) Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Produksi PT. Coca Cola Tirtalina Bottling Company. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1394100037- Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

dilakukan oleh setiap perusahaan. Betapapun sempumanya rencana-rencana organisasi dan pengawasan serta penelitiannya, tetapi apabila tenaga kerja tidak menjalankan tugasnya dengan minat gembira, maka suatu perusahaan tidak akan mencapai hasil sebanyak yang seharusnya dapat dicapai. Demikian pula pada PT. Coca-Cola Tirtalina Bottling Company dalam perkembangannya selalu berusaha untuk mengoptimalkan SDM-nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di PT. Coca-Cola Tirtalina Bottling Co. Data penelitian diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 153 karyawan produksi PT. Coca-Cola Tirtalina Bottling Company pada bulan Oktober sampai Nopember 1998. Terdapat dua himpunan variabel yaitu : himpunan variabel karakteristik karyawan dan himpunan variabel yang menyatakan kepuasan kerja karyawan. Dari hasil analisis faktor diperoleh 7 faktor utama yang dominan mencirikan kepuasan kerja karyawan. Faktor atasan, faktor kondisi kerja, faktor dukungan keluarga, faktor gaji, faktor prosedur yang berlaku, faktor status sosial, dan faktor hubungan dengan rekan kerja. Proporsi keragaman total yang dapat diterangkan oleh ketujuh faktor tersebut adalah 65,012% dimana proporsi keragaman terbesar disumbangkan oleh faktor atasan yaitu 31,6%. Dari analisis korelasi kanonik diketahui bahwa ada hubungan antara karakteristik karyawan dengan kepuasan kerja karyawan, yaitu seorang karyawan yang usianya relatip lebih tua, cenderung sudah menikah, status pegawai cenderung tetap, memiliki jabatan bukan sebagai pelaksana dan bergolongan relatip tinggi, masa kerjanya relatip lama, mempunyai pengalaman kerja, tidak pernah mengikuti kursus/pelatihan, memiliki tanggungan keluarga .relatip besar, dan frekuensi bertemu atau berkumpul dengan keluarga relatip sering cenderung merasa lebih puas terhadap atasan, kondisi kerja, dan dukungan keluarqa. Keeratan hubungan antara karakteristik karyawan dengan kepuasan kerja karyawan tersebut sebesar 0,592355 dengan proporsi keragaman data yang dapat dijelaskan sebesar 0,350885. Dari analisis profil, diketahui bahwa ternyata pengaruh kepuasan kerja karyawan berbeda di antara unit kerja Production Line, SM&WT Treatment, dan Lab. QC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 4 Sul a
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.5 Principal components analysis. Factor analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Jul 2019 08:06
Last Modified: 17 Jul 2019 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64239

Actions (login required)

View Item View Item