Penjadwalan Mata Kuliah Otomatis Menggunakan Algoritma Great Deluge Hyper-heuristics Dengan Domain Permasalahan Dari International Timetabling Competition 2019

Puspitasari, Kharisma Diah (2019) Penjadwalan Mata Kuliah Otomatis Menggunakan Algoritma Great Deluge Hyper-heuristics Dengan Domain Permasalahan Dari International Timetabling Competition 2019. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000008-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penjadwalan merupakan salah satu topik yang menarik untuk diteliti, khususnya pada bidang pendidikan seperti perguruan tinggi. Salah satu permasalahan penjadwalan yang terjadi di perguruan tinggi adalah penjadwalan mata kuliah yang erat kaitannya dengan pengalokasian sumber daya pada satu semester. Penjadwalan dilakukan untuk mengoptimalkan satu atau beberapa tujuan dengan memperhatikan berbagai batasan yang ditetapkan. Secara teoritis permasalahan optimasi penjadwalan tergolong sebagai nondeterministic polynomial-hard (NP-hard), yang mana belum ada algoritma eksak yang dapat menemukan solusi optimal dalam waktu polynomial. Tugas akhir ini membahas penyelesaian permasalahan penjadwalan mata kuliah menggunakan benchmark dataset pada International Timetabling Competition (ITC) 2019. ITC 2019 merupakan kompetisi keempat sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002. Kompetisi ini berfokus pada penjadwalan mata kuliah di perguruan tinggi dengan tujuan untuk menciptakan dataset dunia nyata yang melimpah dan akan mendorong ke arah penelitian baru dalam teori dan praktik penjadwalan otomatis. Dalam penelitian ini digunakan algoritma Great Deluge dengan pendekatan metode hyper-heuristics untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan mata kuliah. Pada tugas akhir ini dihasilkan sebuah jadwal mata kuliah yang telah memenuhi batasan-batasan yang telah ditetapkan. Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa algoritma Great Deluge dapat digunakan untuk membuat jadwal mata kuliah yang lebih optimal dibandingkan dengan penjadwalan solusi awal dan penjadwalan menggunakan algoritma hill climbing, dibuktikan dengan menghasilkan rata-rata nilai penalti yang lebih rendah yaitu 674,5 sedangkan rata-rata nilai penalti yang dihasilkan dari penjadwalan mata kuliah menggunakan algoritma hill climbing adalah 1085,3.
=================================================================================================================================
Timetabling problems are one of interesting topics to study, especially in the field of education such as universities. One of the scheduling problems that occur in college is the course scheduling that are closely related to the allocation of resources in one semester. Scheduling is done to optimize one or several objectives by taking into account the various limits set. Theoretically, the scheduling optimization problem is classified as nondeterministic polynomial-hard (NP-hard), where there is no exact algorithm that can find the optimal solution in polynomial time. This final project discusses solving scheduling problems using the benchmark dataset at the International Timetabling Competition (ITC) 2019. ITC 2019 is the fourth competition since it was first held in 2002. The competition focuses on scheduling courses in universities with the aim of creating abundant real world datasets and will lead to new research in the theory and practice of automatic scheduling. In this study, the Great Deluge algorithm is used with the hyper-heuristics method approach to solve course scheduling problems. In this final assignment a course schedule is produced that meets the prescribed limits. The results of this final assignment show that the Great Deluge algorithm can be used to create a more optimal course schedule compared to the initial solution and scheduling using Hill Climbing algorithms, as evidenced by the lower average penalty value of 674,5 while the average penalty value resulting from the scheduling of courses using the Hill Climbing algorithm is 1085,3.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.1 Pus p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Mata Kuliah, Penjadwalan Otomatis, Hyper-Heuristics, Algoritma Great Deluge
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kharisma Diah Puspitasari
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:55
Last Modified: 21 Mar 2024 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64275

Actions (login required)

View Item View Item