Re - Desain Mobil Puskesmas Keliling, Studi kasus: Wilayah Pesisir Pantai Kab. Tuban

Ramadhani, Bagus (2006) Re - Desain Mobil Puskesmas Keliling, Studi kasus: Wilayah Pesisir Pantai Kab. Tuban. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3498100052-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview

Abstract

Mobil Puskesmas keliling adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan dengan maksud untuk meratakan nilai kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia. Dengan adanya mobil Puskesmas keliling yang ada hampir semua kalangan masyarakat daerah maupu perkotaan dapat terjangkau karena bersifat mobile. Akan tetapi jrunlah Dokter maupun perawat yang ada di daerah - daerah kecamatan semakin menurun hingga 10 % karena hanya bersifat tidak tetap. Dengan masalah jumlah dokter dan perawat banyak masyarakat yang tidak dapat menikmati fasilitas medis yang ada. Tuban yang pada kenyataannya mempunyai luas wilayah yang cukup luas belum secara menyeluruh dapat mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakatnya Namun demi untuk sedikit mengatasi permasalahan tersebut Pemerintah kabupaten Tuban membangun beberapa puskesmas di beberapa titik rawan yang dirasa dapat mengatasi pennasalahan tersebut. Tetapi langkah tersebut juga kurang tepat pada sasaran, sebab titik-titik rawan tempat dibangunnya puskesmas yang dipilih oleh pemerintah belum dapat mengatasi secara menyeluruh masalah kesehatan yang dihadapai oleh masyarakat. Dan Mobil puskesmas keliling yang ada memiliki dimensi yang kecil sehingga menyulitkan dokter untuk melakukan pengobatan terhadap pasien. Perancangan ini lebih mengolah fungsi sebagai sarana medis bersifat mobile yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat atau merancang ulang mobil puskesmas keliling. Dengan rnemperhatikan dimensi atau ukuran supaya pasien maupun dokter dapat bergerak dengan leluasa dan proses pengobatan dapat beijalan dengan lancar. Kemudian juga memperhatikan Armada yang digunakan agar dapat melalui jalan - jalan daerah yang lebar jalan tidak lebih dari 3 meter. Sehingga pembahasan analisis pun dimulai dengan membahas masalah yang teijadi dan kebutuhan untuk menentukan konsep secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 629.222 Ram r
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:28
Last Modified: 18 Jul 2019 02:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64276

Actions (login required)

View Item View Item