Study Tentang Hyperbar Parallel Supercharging Dengan Menggunakan·By-Pass Valve

Yulianto, Evi (1993) Study Tentang Hyperbar Parallel Supercharging Dengan Menggunakan·By-Pass Valve. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4884200185-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada suatu motor bakar dalam. energi yang terbuang melalui gas buang adalah sangat besar yaitu sekitar 34% 40%. Penggunaan turbocharger adalah salah satu cara yang digunakan untuk memanfaatkan energi gas huang menjadi energi berguna yang dapat membantu meningkatkan daya motor yang menggunakannya. Ada dua macam rangkaian turbocharger dengan motor yang menggunakannya yaitu Constant Pressure Turbocharging dan Pulse System Turbocharging. Suatu hal yang paling penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan turbocharger yang akan digunakan adalah kesesuaian antara laj~ aliran udara motor pada setiap kondisi operasinya dengan karakteristik kompresor dari turbochager. Hal ini dikarenakan apabila turbocharger yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik aliran udara motor akan mengakibatkan menurunnya unjuk kerja motor itu sendiri. Pada kedua metode diatas dimana hubungan antara turbocharger adalah seri, penyesuaian penggunaan turbocharger terhadap suatu motor adalah tidak mudah, hal ini dikarenakan besarnya laju aliran massa gas huang yang masuk ke dalam turbin sangat bervariasi tergantung dari beban dan putaran motor. Pada saat motor beroperasi pada putaran dan beban rendah laju aliran massa gas huang berkurang maka aliran udara yang dihasilkan kompresor relatif lebih kecil terhadap kompresi ratio kompresor, sehingga garis aliran udara kompresor melewati batas surja. Hyperbar Parallel Supercharging adalah suatu metode rangkaian turbocharger yang dikembangkan dari metode Constant Pressure Turbocharging yang mana hubungan antara turbocharger dengan motor adalah parallel yaitu ada hubungan antara compressor outlet dan turbine inlet yang dikendalikan oleh sebuah katup yang disebut Hyperbar Valve. Katup 1n1 berfungsi untuk menghindari aliran gas huang masuk ke dalam saluran hisap yang mana bekerjanya secara pneumatik yang dikendalikan oleh perbedaan tekanan kompresor dan tekanan gas huang. Dengan Hyperbar Parallel Supercharging ini memungkinkan untuk memberikan tekanan pembilasan yang tinggi tanpa harus melewati garis batas surja kompresor (compresor surge limits line) pada putaran dan beban rendah · Hal 1n1 karena perbedaan jumlah aliran massa gas buang yang masuk ke .dalam turbin relatif tidak besar karena ada supply udara masuk ke dalam saluran huang melalui by-pass valve, sehingga kesesuaian antara kompresi ratio dengan laju aliran udara kompresor dapat dicapai. Dengan demikian dengan menggunakan metode Hyperbar Parallel Supercharging dapat memberikan daerah operasi motor lebih besar (engine speed range) dalam hubungannya dengan turbocharger yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: turbocharger, Hyperbar Parallel Supercharging, turbine
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ266 Turbines. Turbomachines (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:18
Last Modified: 24 Jul 2019 02:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64298

Actions (login required)

View Item View Item