Prototipe Analitik Bisnis pada Ritel dengan Menggunakan Metode Kohort untuk Retensi Pelanggan (Studi Kasus: Ritel XYZ)

Meythia, Anggie (2019) Prototipe Analitik Bisnis pada Ritel dengan Menggunakan Metode Kohort untuk Retensi Pelanggan (Studi Kasus: Ritel XYZ). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000113_Undergraduate Thesis_FIX.pdf] Text
05211540000113_Undergraduate Thesis_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah dasbor yang menyajikan informasi tentang perkembangan bisnis ritel sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dalam menciptakan keputusan bisnis kedepannya. Dasbor yang baik, dapat berisikan bagaimana cara mempertahankan pelanggan dari sisi komunikasi, perlakuan, serta waktu yang tepat untuk menawarkan sesuatu. Dikarenakan kesibukan pemilik ritel dengan operasional penjualannya sehari-hari, terkadang mereka tidak tahu pada bagian mana dari bisnisnya yang harus lebih diperhatikan. Maka dari itu, penting bagi pemilik ritel untuk memiliki alat analisis Business Intelligence dalam bentuk dasbor untuk mengerti kondisi bisnis mereka saat itu dan dapat membantu mengambil keputusan yang lebih baik. Untuk saat ini, ritel sudah memiliki alat analisis Business Intelligence yaitu Open Source Point of Sales, namun alat tersebut tidak dapat menghasilkan keputusan bisnis secara instan dan memiliki pengoperasian yang rumit. Penelitian ini membahas bagaimana cara membuat prototipe dasbor analitik bisnis dengan menggunakan metode Kohort untuk retensi pelanggan. Data diambil dari data operasional sehari-hari pada Retail XYZ. Wawancara juga dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan pertanyaan bisnis. Dari data, pelanggan diklasifikasikan sesuai waktu dimana pelanggan membeli produk untuk pertama kalinya dan kapan terakhir kali pelanggan melakukan pembelian. Setelah pengklasifikasian, akan didapatkan kelompok pelanggan yang lebih berpotensi untuk melakukan pembelian ulang di waktu yang akan datang. Hasil analisis dapat membantu pemilik bisnis untuk mengetahui apakah pelanggan akan churn out dan melakukan evaluasi terhadap kapan terjadinya churn out. Akan didapatkan juga strategi apa yang dapat dilakukan untuk mempertahankan tingkat retensi pelanggan. Setelah hasil analisis didapatkan, dilakukan pengimplementasian prototipe dasbor pada tools. Hasil dari penelitian ini adalah dasbor analitik bisnis berbasis PowerBI dengan metode Kohort sebagai klasifikasi pelanggan. Dasbor analitik bisnis berbasis PowerBI dibuat agar dapat memudahkan pengoperasian data Point of Sales dan menghasilkan keputusan bisnis secara instan. Pengujian dan pengambilan feedback akan dilakukan untuk mengetahui apakah prototipe dasbor sudah sesuai rancangan dan dapat menjawab kebutuhan, pertanyaan, dan keputusan bisnis.
=================================================================================================================================
A dashboard that provides information about the development of a retail business is very important to know what is needed in creating business decisions going forward. A good dashboard, can contain how to maintain customers in terms of communication, treatment, and the right time to offer something. Due to the busyness of retail owners with their daily sales operations, sometimes they do not know which part of the business should be considered. Therefore, it is important for retail owners to have Business Intelligence analysis tools in the form of dashboards to understand their current business conditions and can help make better decisions. For now, retail has a Business Intelligence analysis tool, Open Source Point of Sales, but the tool cannot produce business decisions instantly and has complex operations. This study discusses how to prototype a business analytics dashboard using the Cohort method for customer retention. Data is taken from daily operational data at Retail XYZ. Interviews were also conducted to identify business needs and questions. From the data, customers are classified according to the time when the customer buys the product for the first time and when the customer last made a purchase. After classification, there will be more potential customer groups to repurchase in the future. The analysis results can help business owners to find out whether customers will churn out and evaluate when the churn out occurs. You will also find out what strategies can be done to maintain customer retention rates. After the results of the analysis were obtained, the dashboard prototype was implemented on tools. The results of this study are PowerBI-based business analytical dashboards with the Cohort method as customer classification. The PowerBI-based business analytics dashboard was created so as to facilitate the operation of Pont of Sales data and generate business decisions instantly. Testing and taking feedback will be done to find out if the dash prototype is in accordance with the design and can answer business needs, questions and decisions.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 001.42 Mey p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Analisis Kohort, Analitik Bisnis, Prototipe Dasbor, Retensi Pelanggan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anggie Meythia
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:24
Last Modified: 03 Apr 2024 02:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64346

Actions (login required)

View Item View Item