Analisis dan Usulan Sistem dan Teknologi Informasi untuk Perbaikan Proses Penanganan Aduan PT. Artajasa Pembayaran Elektronis

Firinda, Nadira (2019) Analisis dan Usulan Sistem dan Teknologi Informasi untuk Perbaikan Proses Penanganan Aduan PT. Artajasa Pembayaran Elektronis. Undergraduate thesis, Institute Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Undergraduate Thesis] Text (Undergraduate Thesis)
05211540000140_Undergraduate Thesis.docx - Accepted Version

Download (4MB)
[thumbnail of 05211540000140_Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
05211540000140_Undergraduate Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) merupakan perusahaan yang mengelola berbagai layanan terkait sistem pembayaran. Banyaknya kebutuhan pengadu serta pihak – pihak yang terlibat dalam jalannya transaksi menuntut PT. Artajasa agar dapat menyediakan proses penanganan yang baik bagi segala bentuk masalah yang dialami oleh pengadu ataupun pihak – pihak yang bekerja sama dengan perusahaan. Divisi Customer Service sebagai bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam menerima sampai dengan menyelesaikan aduan telah mendokumentasikan proses penanganan aduan dan menciptakan serta mengimplementasikan sistem yang dianggap sesuai dalam membantu jalannya proses tersebut. Meskipun demikian, seiring dengan operasional sehari – hari dari proses penanganan aduan, Divisi Customer Service ikut mengalami beberapa masalah terkait proses penanganan aduan yang berjalan lambat. Dalam konteks ini, perbaikan terhadap proses hendaknya dilakukan melalui metode yang terstruktur dan sistematis sehingga akar permasalahan dapat ditemukan. Metode penelitian ini mengikuti siklus hidup Manajemen Proses Bisnis dimulai dari identifikasi serta dokumentasi proses yang sedang berjalan, diikuti dengan analisis mengenai akar penyebab permasalahan dari proses serta penilaian mengenai dampak dari setiap permasalahan, kemudian menggunakan analisis heuristic redesign dengan pendekatan yang telah ditentukan sebagai bentuk solusi yang akan dimasukkan ke dalam rancang ulang agar dapat menyarankan sistem serta teknologi informasi yang sesuai. Penelitian ini menerapkan metode penelitian studi kasus melalui teknik penggalian data wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah analisis mengenai permasalahan dalam proses penanganan aduan dan pendekatan heuristik yang sesuai untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut. Disertakan pula usulan perbaikan proses berdasarkan heuristik – heuristik yang telah ditentukan dengan berfokus pada tujuan perbaikan awal dalam peningkatan performa proses bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Complaint Handling, Business Process Management, Redesign
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nadira Firinda
Date Deposited: 03 May 2024 07:04
Last Modified: 03 May 2024 07:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64354

Actions (login required)

View Item View Item