Aminullah, Luqman (2019) Prototipe Analitik untuk Pengelompokan Loyalitas Pelanggan dengan Analisis Recency, Frequency And Monetary (RFM) (Studi Kasus: Daissy.id). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211440000095-Undergraduate_Thesis.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Memahami pelanggan adalah kunci untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan yang diinginkan pada proses bisnis organisasi. Melalui perkembangan bisnis saat ini, penggunaan teknologi informasi sangat penting dalam mendukung berjalanya proses bisnis organisasi untuk lebih mudah dan efektif. Teknologi informasi dapat meningkatkan profit bisnis serta memahami pelanggan menjadi lebih baik. Salah satu cara untuk memahami pelanggan dengan baik dengan dukungan teknologi informasi yaitu dengan melakukan pengumpulan dan analisis data transaksi pelanggan untuk mengetahui loyalitas pelanggan. Daissy.id adalah pelaku usaha bisnis yang bergerak di bidang industri fashion yang memproduksi produk–produk fashion muslim. Untuk mengetahui perkembangan bisnis, daissy.id membutuhkan pengolahan data transaksi bisnis yang dapat diolah untuk membantu dalam mengetahui loyalitas pelanggan dalam membuat keputusan. Namun proses bisnis pencatatan transaksi yang berjalan pada daissy.id masih secara manual sehingga tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengumpulkan dan mengolah data transaksi untuk mendukung berkembangnya bisnis. Oleh karena itu diperlukan sebuah teknologi informasi yang dapat mencatat data transaksi serta mengolah data hasil pencatatan agar dapat memberikan informasi yang dapat membantu dalam membuat keputusan. Bentuk sistem pada tugas akhir ini menggunakan iPos 4.0 sebagai sistem point of sale yang mencatat data dan laporan penjualan pada daissy.id. Kemudian untuk mengetahui bentuk pengolahan data transaksi iPos 4.0 dilakukan pembuatan prototipe analitik dengan menggunakan analisis Recency, Frequency and Monetary (RFM) untuk mengelompokan loyalitas pelanggan berdasarkan riwayat transaksi yang sudah dilakukan pada daissy.id. Pembuatan prototipe analitik dilakukan dalam bentuk visual dashboard berbasis website menggunakan framework CodeIgniter serta dilakukan pengujian menggunakan usability testing. Hasil dari tugas akhir ini adalah sistem point of sale iPos 4.0 berhasil dilakukan implementasi pada daissy.id dan sebuah prototipe analitik dalam bentuk dashboard berbasis website untuk pengelompokan loyalitas pelanggan. Dengan berhasilnya implementasi sistem point of sale iPos 4.0 pada daissy.id dapat membantu dalam mengumpulkan data transaksi. Serta terbentuknya prototipe analitik dapat membantu dalam mengetahui pengelompokkan loyalitas pelanggan untuk mendukung pembuatan keputusan perkembangan bisnis di bidang fashion muslim. =================================================================================================================================
Understanding customers is key to delivering the best customer service to meet the desired needs and expectations of the organization's business processes. Through the development of today's business, the use of information technology is crucial in supporting time organizational business process to be easier and more effective. Information technology can increase business profits and better understand customers. One way to understand customers well with the support of information technology is by conducting the collection and analysis of customer transaction data to know customer loyalty. Daissy.id is a business enterprise engaged in the fashion industry that produces Muslim fashion products. To know the development of the business, daissy.id requires the processing of business transaction data that can be processed to assist in knowing customer loyalty in making decisions. But the transaction logging business process that runs on daissy.id is still manually so as not to know how to collect and process transaction data to support the growth of the business. Therefore, it is necessary that an information technology can record transaction data and process the data of the recording in order to provide information that can help in making the decision. The system form on this final task uses iPos 4.0 as the point of sale system that records data and sales reports on daissy.id. Then to know the form of Transaction data processing iPos 4.0 conducted analytical prototypes using Recency analysis, Frequency and Monetary (RFM) to classify customer loyalty based on transaction history already Performed on daissy.id. The creation of analytic prototypes was done in the form of a website-based visual dashboard using the CodeIgniter framework and tested using usability testing. The result of this final task is the point of sale system iPos 4.0 successfully implemented implementation on daissy.id and an analytical prototype in the form of a website-based dashboard for grouping customer loyalty. With the successful implementation of point of sale system iPos 4.0 on daissy.id can help in collecting transaction data. And the formation of analytic prototypes can help in knowing the customer's loyalty grouping to support decision making of business development in the field of Muslim fashion.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 519.536 Ami p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Point of Sales, Prototipe Analitik, Loyalitas Pelanggan, RFM Analysis, iPos 4.0. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Luqman Aminullah |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 07:37 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:37 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/64592 |
Actions (login required)
View Item |