Putra, Aditya Satria (2019) Penilaian Risiko Proses Teknologi Informasi Berdasarkan Kerangka Kerja Cobit 5 Pada Helpdesk Unit Teknologi Sistem Informasi PDAM Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211540000004-Undergraduate_Theses.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PDAM Surabaya merupakan unit usaha yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat surabaya yang menerapkan TI untuk membantu dalam pemenuhan tujuan bisnis perusahaan. Salah satu layanan TI yang disediakan adalah manajemen insiden dan pemenuhan permintaan layanan, yang dikelola oleh helpdesk unit teknologi sistem informasi. Manajemen insiden dan pemenuhan permintaan layanan adalah proses yang memegang peran penting di perusahaan namun rentan terhadap kesalahan yang bisa menimbulkan beberapa risiko. Karena itu diperlukan identifikasi dan penilaian risiko untuk menghindari permasalahan dalam proses bisnis perusahaan dan meminimalisir kerugian. Untuk mengidentifikasi proses TI, kerangka kerja yang relevan adalah COBIT 5 untuk melakukan manajemen risiko. Risiko diidentifikasi dari proses bisnis helpdesk dan kondisi yang ada di dalam organisasi. Data diperoleh dari wawancara dan observasi, kemudian disatukan dengan tujuan ideal berdasarkan COBIT 5 Process DSS02 (Manage Service Request and Incidents). Kemudian Risiko dapat diidentifikasi, dinilai dan dikelola berdasarkan COBIT 5 Process APO12 (Manage risks). Oleh karena itu, keluaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah hasil penilaian risiko dan mitigasi berdasarkan kerangka kerja COBIT 5 yang bisa digunakan untuk mengelola risiko. ============================================================PDAM Surabaya is a business unit that has an important role in meeting the needs of Surabaya’s clean water. This company implements IT to help meet the company’s business goals. One of the IT services provided is incident management and fulfillment of service requests, which are managed by the information system technology helpdesk. Incident management and fulfillment of service requests are processes that play an important role in the company but are vulnerable to problems that can pose several risks. Because of that it needed risk identification and risk assessment to avoid problems in the company's business processes and minimize losses. To identify the IT process, the relevant framework is COBIT 5 to carry out risk management. Risks from helpdesk business processes and conditions that exist within the organization. Data are obtained from interviews and observations, then are integrated with ideal goals based on the COBIT 5 DSS02 Process (Manage Service and Incident Requests). Then the Risk can be identified, assessed and managed based on the COBIT 5 APO12 Process (Manage risk). Therefore, the expected results of this study are the risk assessment result and risk mitigation based on COBIT 5 work that can be used to manage risk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Insiden, Pengelolaan Permintaan Layanan, Risk Management, COBIT 5 |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment. T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ADITYA SATRIA PUTRA |
Date Deposited: | 03 May 2024 07:10 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/64600 |
Actions (login required)
View Item |