Pengembangan Analitik Bisnis untuk Area Pelanggan dan Keuangan Menggunakan Business Intelligence Systems Development Lifecycle (Studi Kasus: Ritel XYZ)

Akbar, Bobby Ilham (2019) Pengembangan Analitik Bisnis untuk Area Pelanggan dan Keuangan Menggunakan Business Intelligence Systems Development Lifecycle (Studi Kasus: Ritel XYZ). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000090-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000090-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ritel harus dapat memanfaatkan data dan informasi yang mereka miliki untuk meningkatkan kinerja bisnis dan mengambil keputusan yang tepat. Saat ini, ritel XYZ belum memiliki tujuan strategis yang jelas serta tidak mengetahui pertanyaan bisnis yang harus dijawab. Sedangkan, untuk dapat melakukan analitik bisnis diperlukan tujuan strategis dan pertanyaan bisnis sebagai acuan. Tujuan strategis dan pertanyaan bisnis dihasilkan dari analisis data yang dimiliki ritel atau melalui wawancara kepada pihak ritel. Namun, data, informasi, dan pengetahuan yang dimiliki belum dikelola dengan baik, sehingga sulit untuk melakukan analitik bisnis. Maka, dibutuhkan penggalian data, analisis, perancangan, dan pengembangan analitik bisnis yang baik. Salah satunya dengan menggunakan business intelligence systems development lifecycle. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji penelitian terkait, kemudian dilanjutkan dengan identifikasi tujuan strategis. Tujuan strategis digunakan untuk mengidentifikasi pertanyaan bisnis. Setelah mengetahui pertanyaan bisnis, pertanyaan-pertanyaan ini dipetakan menjadi key performance indicator (KPI). Untuk mengubah KPI menjadi visual dalam dashboard, diperlukan data terkait KPI tersebut. Maka, langkah selanjutnya adalah menggali dan mengolah yang dimiliki oleh studi kasus agar dapat digunakan sebagai masukan dalam perancangan dan pengembangan skema data serta perancangan dan pengembangan dashboard analitik bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah dashboard analitik bisnis berbasis PowerBI dengan dua area analitik utama, yaitu analitik pelanggan dan keuangan. Dashboard analitik bisnis yang dikembangkan menggunakan business intelligence systems development lifecycle ini berperan dalam menjawab pertanyaan bisnis dan menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan capaian kinerja bisnis, serta dapat digunakan menjadi masukan untuk penelitian berikutnya.
=================================================================================================================================
Retailers should be able to take advantage of their data and information to improve their business performance and be able to make the right decisions. Ritel XYZ does not have a clear strategic goals and have no clue what business questions they should answer. At the same time, to do a business analytics they need strategic goals and business questions as a trigger. Strategic goals and business questions are identified by analyzing the retailer's data or through an interview involving the retailers. but, they dont managed their data, information, and knowledge well, so it is hard to a business analytics. then, they need a well-planned data-mining, analysis, and business analytics design & development. One of the solutions is using business intelligence systems development lifecycle. This research starts with reviewing related research, then continued by identifying strategic goals. these are used to identify business questions. As soon as the business questions are discovered, these can be mapped into key performance indicator (KPI). To transform KPI into visuals in a dashboard, it needs data. The next step is to collect data and process that data so it is usable as an input for data schema and business analytic dashboard design & development. This research output is a business analytic dashboard based on PowerBI focusing on two analytic domains, customer and financial analytics. Business analytics dashboard developed using business intelligence development lifecycle plays a role in answering business questions and determining the right strategies to improve retailers business performance, also, it can be used as an input for future studies.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.740 6 Akb p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Ritel, Pertanyaan Bisnis, KPI, Dashboard Analitik Bisnis, Business Intelligence Systems Development Lifecycle
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bobby Ilham Akbar
Date Deposited: 07 May 2024 02:47
Last Modified: 07 May 2024 02:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64619

Actions (login required)

View Item View Item