Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Keramik Lantai (Floor Tile I) Di PT. Mulia Keramik Bekasi- Jakarta Timur

Herry, Cahyono S.A (2001) Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Keramik Lantai (Floor Tile I) Di PT. Mulia Keramik Bekasi- Jakarta Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1395030034-Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pesatnya perkembangan sektor konstruksi, khususnya pembangunan infrastruktur dan properti, PT . Mu l ia Keramik j ku t berpartisipasi melalui usaha penyediaan produk-produk keramik yang diantaranya adalah Keramik Lantai (Floor Tile). Keramik lantai merupakan salah satu kebutuhan utama bisnis properti untuk kalangan menengah kea tas , sehingga sudah sewaj arnya j i ka kualitas mendapat perhatian khusus disamping semakin banyaknya para pesaing. Produk Keramik Lantai untuk saat-saat sekarang ini mengalami permintaan yang kontinu bahkan sesekali meningkat jika dibandingkan dengan produk keramik lainnya dari PT. Mulia I<:eramik. Dalam memenuhi permintaan pasar atau pelanggan l.ent.unya mutu produk keramik lantai harus tetap dijaga , memperkccil variabilitas produk yang terjadi dalam setiap tahap proses produksi akan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan . Berdasarkan pada analisis peta kendali dihasilkan bahwa pada proses milling dan spray drier proses dalam kondisi terkontrol, dan pada milling dan spray drier proses kapabel dengan tingkat akurasi pada kedua proses yang cukup baik. Pada proses yang terjadi di mesin press (Waktu tekan) kondisi p roses terkontrol begitu juga pada besar tekanan mesin press dalam kondisi terkontrol. Pada inspeksi akhir keramik lantai, proses dalam kondisi terkontrol. Jenis cacat paling banyak pada proses ini karena jenis cacat I yaitu keramik retak dengan prosentase 52 ,4% sehingga jenis cacat ini perlu mendapat penanganan terlebih dahulu. Sedangkan pada proses press yai tu pc~nqama Lm proses produksi yang ditinjau dari waktu tekan dan besar tekanan didapatkan bahwa pada waktu tekan proses dalam kondisi kapabel dengan nilai Cr~1 , 388 . Sedangkan pada besar tekanan proses terkontrol dan pada analisi s kemampuan prose;.; kapcJb(~l dengan nilai Cp= 2 , 78 yang berarti tingkat presisi dan akurasinya cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 658.562 Her a
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:49
Last Modified: 22 Jul 2019 07:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64648

Actions (login required)

View Item View Item